Hari itu seorang teman saya (cowok) menanyakan tentang logaritma, namun cepat-cepat saya koreksi logaritma apa? Kalau logaritma adalah operasi matematika yang merupakan kebalikan dari eksponen atau pemangkatan. Sedangkan dalam Ilmu Komputer alogaritma merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah (terima kasih buat Muḥammad bin Mūsā al-Khawārizmī). Sayapun menjelaskan sedikit dan skets apa yang saya tahu.

Tidak tahu kenapa tiba-tiba, esok harinya saya jumpa lagi sama temen saya (kali ini cewek) dan pinter gambar design baju lagi. Saya disodori materinya dengan soal latihannya yang diambil dari Google. Setelah saya baca saya jadi tertarik untuk membantu mengerjakanya. (Maklum udah hampir tahunan tidak pernah ngoprek bahasa program)

Berikut adalah soal latihanya:

  1. Buatlah alogaritma untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan prima atau bukan, kemudian buat flowchart untuk program tersebut.
  2. Buat alogaritma untuk mencetak N buah bilangan prima yang pertama, kemudian buat flowchart untuk program tersebut.
  3. Buatlah alogaritma untuk menentukan jenis akar dari suatu persamaan kuadrat, kemudian buat flowchart untuk program tersebut.
  4. Buatlah alogaritma untuk menghitung jumlah N suku dari deret aritmatika berikut: Sn = 3 + 7 + 11 + … (4n-1)
  5. Buatlah alogaritma untuk menghitung nilai faktorial dari sautu bilangan, kemudian buat flowchart untuk program tersebut.
  6. buat flowchart untuk mencetak pasangan nilai x dan y dimana hubungan antara x dan y memenuhi persamaan y = y³ – 2x =1 dan nilai x berubah dari -10 sampai 10.

Sumprit saya sempet bingung jika harus buat flowchart-nya, namun kalau langsung praktek pake QBASIC (pelajaran SMA jadul, nggak tahu kalau SMA sekarang ada?) enak, jadi ada salah bisa di koreksi dan RUN. Sayang flowchartnya kacau balau :(

Kalau mau koreksi silahkan lhat di sebelah kanan tuh ada BOX.Net

Muḥammad bin Mūsā al-Khawārizmī