Selamat Tahun Baru 1432 Hijriah


Alhamdulillah, sampailah kita di tahun baru hijriyah. 1432 tahun qamariyah yang lalu, nabi kita, Muhammad s.a.w. memerintahkan umat Islam untuk berhijrah, yang saya artikan sebagai sebuah langkah ‘baik’

  1. untuk memperoleh pertolongan Allah SWT, kemuliaan dan keutamaan.
  2. untuk mempertahankan keimanan dan dasar-dasar agama Islam, dan
  3. untuk lebih leluasa menyebarkan Islam, dan mengukuhkan keimanan hingga menjadi sempurna dan kuat.

Bisa jadi artinya juga hijrah ketika kita berpindah dari kemapanan menuju kesederhanaan jika maksud dan tujuaanya sama sebagaimana diatas, apalagi kita berpindah dari tempat yang buruk ke tempat yang lebih baik untuk mendukung kita agar lebih taqwa kepada Allah.“Juragan… Hijrah itu hanya kisah zaman jadul, sekarang ini tidak ada hijrah lagi, yang ada adalah ngungsi (karena perang, atau wabah penyakit epidemi, atau bencana), atau pindah domisili!”

Menanggapi pertanyaan ini, kita bisa merujuk kepada Hadist Riwayat Abu Dawud, bahwasanya Rasulullah s.a.w., pernah ditanya seseorang: “Ya Rasulullah, saya baru  mengunjungi suatu kaum yang berpendapat bahwa hijrah itu telah berakhir…”, lalu Rasulullah bersabda:

أن ألهجرة لاتنقطع حتي تنقطع ألتوبه, ولا تنقطع ألتوبه حتي تطلع ألشمس من مغربهأ.

“Sesungguhnya hijrah itu tidak ada hentinya sehingga terhentinya taubat, dan taubat pun tidak ada hentinya sehingga matahari terbit dari sebelah barat.”

Yang jelas hijrah bukan dihitung untuk mendapatkan meteri, namun dilakukan untuk meraih tujuan yang lebih tinggi dari dunia dan seisinya.

Semoga kita termasuk golongan orang orang yang berhijrah karena Allah SWT sebagaimana firman Allah surat An Nahl 10:

وَٱلَّذِينَ هَاجَرُواْ فِى ٱللَّهِ مِنۢ بَعۡدِ مَا ظُلِمُواْ لَنُبَوِّئَنَّهُمۡ فِى ٱلدُّنۡيَا حَسَنَةً۬‌ۖ وَلَأَجۡرُ ٱلۡأَخِرَةِ أَكۡبَرُ‌ۚ لَوۡ كَانُواْ يَعۡلَمُونَ

“Dan orang-orang yang berhijrah karena Allah sesudah mereka dianiaya, pasti Kami akan memberikan tempat yang bagus kepada mereka di dunia. Dan sesungguhnya pahala di akhirat adalah lebih besar, kalau mereka mengetahui”.

Selamat tahun baru hijriyah 1432, semoga tahun ini kita lebih baik akhiratnya dan juga dunianya. Amin…

Iklan

Satu pemikiran pada “Selamat Tahun Baru 1432 Hijriah

  1. Hadist – hadist tentang Bulan Muharram (syahrullah)

    “Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah (puasa yang jatuh pada) bulan Allah, (yaitu) Muharram…” (HR. Muslim)

    “Dahulu orang-orang Quraisy berpuasa ‘Asyura pada zaman Jahilliyah. Dan Rasulullah Shalallahu ‘Alahi Wassalam sendiri juga berpuasa ‘Asyura. Ketika beliau hijrah ke Madinah, beliau terus melaksanakan puasa ‘Asyura, dan memerintahkan orang-orang untuk berpuasa. Lalu ketika diwajibkan berpuasa pada bulan Ramadhan, beliau bersabda:’Barangsiapa yang mau berpuasa ‘Asyura, berpuasalah dan barangsiapa yang ingin meninggalkannya, tinggalkanlah.’” (HR. Bukhari dan Muslim)

    Rasulullah Shalallahu ‘Alahi Wassalam datang ke Madinah dan beliau mendapati orang-orang Yahudi berpuasa pada hari ‘Asyura. Maka Rasulullah Shalallahu ‘Alahi Wassalam bertanya pada mereka, “Hari apakah ini, yang kalian berpuasa di dalamnya?” Mereka menjawab: “Ini adalah hari yang agung, pada hari inilah Allah menyelamatkan Musa ‘Alaihis Salam dan kaumnya, dan menenggelamkan Fir’aun dan bala tentaranya. Maka Musa berpuasa pada hari ‘Asyura ini sebagai tanda syukurnya.” Kemudian Rasulullah Shalallahu ‘Alahi Wassalam bersabda: “Maka, kami lebih berhak terhadap Musa ‘Alaihis Salam dan lebih diutamakan daripada kamu sekalian.” Lalu Rasulullah Shalallahu ‘Alahi Wassalam berpuasa ‘Asyura dan memerintahkan kaum muslimin agar berpuasa. (HR. Bukhari dan Muslim)

    Dalam Shahih Muslim, dari Abu Qatadah al Anshari radhiallahu anhu. Sesungguhnya Rasulullah Shalallahu ‘Alahi Wassalam ditanya tentang puasa pada hari ‘Asyura, maka beliau bersabda, “Dia akan menggugurkan (dosa-dosa) setahun yang lalu.” (HR. Muslm)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s