Alhamdulillah, sampailah kita di tahun baru hijriyah. 1432 tahun qamariyah yang lalu, nabi kita, Muhammad s.a.w. memerintahkan umat Islam untuk berhijrah, yang saya artikan sebagai sebuah langkah ‘baik’

  1. untuk memperoleh pertolongan Allah SWT, kemuliaan dan keutamaan.
  2. untuk mempertahankan keimanan dan dasar-dasar agama Islam, dan
  3. untuk lebih leluasa menyebarkan Islam, dan mengukuhkan keimanan hingga menjadi sempurna dan kuat.

Bisa jadi artinya juga hijrah ketika kita berpindah dari kemapanan menuju kesederhanaan jika maksud dan tujuaanya sama sebagaimana diatas, apalagi kita berpindah dari tempat yang buruk ke tempat yang lebih baik untuk mendukung kita agar lebih taqwa kepada Allah.“Juragan… Hijrah itu hanya kisah zaman jadul, sekarang ini tidak ada hijrah lagi, yang ada adalah ngungsi (karena perang, atau wabah penyakit epidemi, atau bencana), atau pindah domisili!”

Menanggapi pertanyaan ini, kita bisa merujuk kepada Hadist Riwayat Abu Dawud, bahwasanya Rasulullah s.a.w., pernah ditanya seseorang: “Ya Rasulullah, saya baru  mengunjungi suatu kaum yang berpendapat bahwa hijrah itu telah berakhir…”, lalu Rasulullah bersabda:

أن ألهجرة لاتنقطع حتي تنقطع ألتوبه, ولا تنقطع ألتوبه حتي تطلع ألشمس من مغربهأ.

“Sesungguhnya hijrah itu tidak ada hentinya sehingga terhentinya taubat, dan taubat pun tidak ada hentinya sehingga matahari terbit dari sebelah barat.”

Yang jelas hijrah bukan dihitung untuk mendapatkan meteri, namun dilakukan untuk meraih tujuan yang lebih tinggi dari dunia dan seisinya.

Semoga kita termasuk golongan orang orang yang berhijrah karena Allah SWT sebagaimana firman Allah surat An Nahl 10:

وَٱلَّذِينَ هَاجَرُواْ فِى ٱللَّهِ مِنۢ بَعۡدِ مَا ظُلِمُواْ لَنُبَوِّئَنَّهُمۡ فِى ٱلدُّنۡيَا حَسَنَةً۬‌ۖ وَلَأَجۡرُ ٱلۡأَخِرَةِ أَكۡبَرُ‌ۚ لَوۡ كَانُواْ يَعۡلَمُونَ

“Dan orang-orang yang berhijrah karena Allah sesudah mereka dianiaya, pasti Kami akan memberikan tempat yang bagus kepada mereka di dunia. Dan sesungguhnya pahala di akhirat adalah lebih besar, kalau mereka mengetahui”.

Selamat tahun baru hijriyah 1432, semoga tahun ini kita lebih baik akhiratnya dan juga dunianya. Amin…