DECK LOAD CAPACITY CALCULATION


Deck  Load Capacity  adalah Kemampuan sebuah geladak  untuk  menampung  sejumlah  muatan  berat, dinyatakan dalam ton/m² dengan lambang ”C”.

C  =  ton/m².

Nilai C dapat ditemukan pada Capacity plan atau dalam  Blue  print  kapal  dimana  dapat mengetahui berapa besar  kemampuan  masing – masing geladak,  sehingga  dapat  dihitung berapa tinggi susunan maksimun dari muatan agar tidak melampaui kekuatan geladak tersebut.

Pembebanan geladak akibat adanya muatan geladak menurut Lloyds Rule adalah sbb :

  1. Pada bagian atas geladak tak terputus 0,87 ton/m²
  2. Ambang Palka di geladak 1,08 ton/m²
  3. Untuk muatan geladak antara 0,72 h/ton (h = angka ketinggiangeladak antara dalam meter)

Contoh  :

PERMISSIBLE  LOADS

  1. Deck (Main Deck) (Incl. Hatch Covers) =1,75 t/m²
  2. Deck (Tween Deck) (Excl Hatch Covers) = 2,45 t/m²
  3. Hatch Covers Tween Deck = 3,30 t/m²
  4. Tank Top = 8,00 t/m²

Untuk menghitung tinggi susunan suatu muatan berat  pada suatu geladak antara agar tidak melampaui batas kemampuan geladak antara tersebut dengan  menggunakan rumus  :

h = C x SF

h    = Tinggi susunan muatan (m)

C   = Deck Load Capacity (ton/m²)

SF =  Stowage Factor (m³/ton)

Bilamana Nilai Deck Load Capacity atau Permissible loads sudah tidak dapat ditemukan akibat referensi hilang, maka untuk menghitung Nilai C dapat menggunakan rumus pendekatan  :

C    =  H / 1.4  ton/m²

C    =  Deck Load Capacity (t/m²)

H    =  Tinggi Tween Deck (m)

1,4  =  Stowage Factor TD (m³/ton)

Soal Latihan. 1

Sebuah Geladak antara memiliki DLC = 2,6 ton/m². Akan dimuati dengan Besi yang memiliki SF = 0,42 m³/ton. Hitunglah tinggi susunan muatan Besi tersebut agar tidak melampaui kekuatan geladak antara itu.

Soal Latihan. 2

Sebuah Upper deck dengan tinggi = 6,20 meter. Akan dimuati muatan yang memiliki BJ = 2,1 ton/m³.   Hitunglah berapa tinggi susunan muatan tersebut agar tidak merusak konstruksi geladak.

Soal Latihan. 3

Sebuah kapal memiliki geladak antara berukuran panjang = 11,40 meter, lebar = 3,50 meter dan tinggi = 3,20 meter. Daya tampung geladak tersebut (DLC) = 2,15 ton/m². Akan dimuati Timah batangan dengan BJ = 2,4 ton/m³. Bila dalam pemuatannya broken stowage diperhitungkan terjadi sebesar 2 %, Hitunglah berapa ton berat Timah yang dapat dimuat agar tidak merusak konstruksi geladak.

Soal Latihan. 4

Sebuah geladak antara diketahui memiliki tinggi = 3,40 meter, dengan panjang = 15,80 meter dan lebar = 3,60 meter. Akan dimuati hingga penuh dengan 2 (dua) jenis muatan yakni Besi batangan yang memiliki SF= 0,56 m³/ton dan Peti-peti berukuran sama dengan SF= 2,18 m³/ton. Bila dalam pemuatan broken stowage diperhitungkan akan terjadi rata-rata sebesar 5 %, Hitunglah berapa ton berat masing-masing muatan tersebut yang dapat dimuat agar tidak merusak konstruksi geladak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s