Ramp Way untuk Roll On Roll Off


Sebuah jembatan (ramp way) sudah harus disiapkan agar sarana angkut yang membawa struktur tersebut dapat masuk ke atas tongkang dengan selamat. Kegagalan pada proses ini dapat mengakibatkan jatuhnya struktur ke laut selama pengangkutan; dan tidak menutup kemungkinan kegagalan tersebut bisa terjadi pada saat proses Roll On/Roll Off tersebut.

Oleh karena itu desain jembatan rampa (ramp) harus benar-benar cukup kuat dan stabil sesuai dengan standar yang diminta dan berlaku. Tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa material yang digunakan adalah aman untuk proses RORO tersebut;- yang menggunakan modular trailer saat beban maksimum terjadi pada 1 (satu) line axle saat diatas rampa.

Contoh misalnya jika harus melakukan analisa kekuatan pada kondisi ramp plate yang dihamparkan antara dermaga (jetty) untuk menutupi cela atau gap dengan kapal tongkang tersebut. Akibat beban statis yang berada diatasnya, ada tegangan yang terjadi pada konstruksi ramp plate tersebut bagaimana mengetahui jika ramp way dari steel plate itu cukup kuat untuk dilewati oleh trailer?

Tegangan ini tidak boleh melebihi batas maksimum tegangan yield (σultimate) dari material ramp plate yang digunakan, dan tegangan ijin (σallowable) berdasarkan standar dari Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) atau menggunakan rujukan standar lain seperti kriteria dari AISC ASD 9th Edition.

Contoh misalnya sebuah ramp way dari steel plate yang dianalisa adalah double steel plate ASTM 36 dengan masing-masing ketebalan 1 inch yang akan digunakan untuk proses loadout module dengan menggunakan SPMT (Self Propeller Modular Trailer).

Maka, analisa kekuatan ramp plate dapat dilakukan dengan pendekatan ultimate dari beban maksimum bahan yang digunakan, sehingga dari hasil analisa, dapat diketahui beban yang terjadi pada posisi maksimal di 45 ton per axle line dan karakteristiknya.

Pada akhirnya, terdapat dua tujuan utama dari kajian ini, yaitu; untuk menerangkan pemodelan Finite Element ramp plate untuk loadout; dan untuk mengetahui beban ultimate yang bisa diberikan dan menguraikan perilaku ramp plate tersebut.

Perhitungan kekuatan ramp way dengan steel plate dapat menggunakan Metode Elemen Hingga (Fenite Element Method) yang bisa dibantu dengan software berbasis FEM selain menggunakan perhitungan manual.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s