Operasionalisasi QFD


door-design
Sample of Designing Car Door

Langkah awal dari Quality Function Deployment (QFD) adalah membuatkannya sebuah rumah mutu atau house of quality. Oleh karenanya lebih dahulu harus diketahui hal-hal seperti apakah yang diinginkan oleh konsumen, dan apa yang disyaratkan oleh produsen. Ada customer requirements dan ada engineering characteristics. Hal yang diinginkan oleh konsumen umumnya diperoleh melalui survey pasar, baik yang dilakukan oleh aparatur penjualan (salesperson) ataupun oleh peneliti yang dikoordinasikan oleh departemen riset dan pengembangan.

Sebelum masuk ke penerappan QFD, lebih dahulu akan dikemukakan bentuk umum house of quality (HOQ). Bentuk umum rumah mutu dimaksud untuk mengetengahkan kasus guna menemukan keinginan pelanggan terhadap suatu produk (misalnya pintu mobil), kemudian menerjemahkan keinginan itu menjadi desain pintu.

Keinginan pelangggan dihubungkan dengan persyaratan yang ditetapkan oleh produsen guna menemukan besaran koefisien korelasinya. Koefesien korelasi yang menyatakan derajat keeratan hubungan spesifikasi konsumen dengan spesifikasi produsen dipetakan dalam matriks di badan utamah rumah mutu tersebut.

Korelasi bermanfaat sebagai informasi mengenai faktor yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan mengenai produk yang diinginkan oleh pelanggan dimaksud. Sudah barang tentu koefisien korelasi tersebut diperoleh melalui aplikasi metode statistika, dimana spesifikasi keiingin atai persyaratan produsen dinyatakan sebagai variabel gayut (Y) dan spesifikasi keinginan pelanggan sebagai variabel bebas (Xi).

Erat atau tidak eratnya hubungan atau korelasi dinyatakan dalam matriks yang tersedia dengan menggunakan simbol seperti yang dinyatakan dalam contoh kasus pada gambar 1 dibawah ini.

Rumah Mutu Usaha Laundry
Gambar (1) Rumah Mutu Usaha Laundry

Dengan QFD seperti diatas, keiinginan dan kebutuhan pelangggan dapat diterjemahkan ke dalam desain dan proses produksi atau jasa yang ditawarkan. Keberatan dan tanggapan pelangggan dalam proses pelayanan atau penyerahan produk (process of feedback) berguna sebagai alat untuk memperbaiki mutu pelayanan yang ditawarkan atau produk yang dihasilkan.

Iklan

2 pemikiran pada “Operasionalisasi QFD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s