Puji syukur kehadirat Tuhan Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya sehingga Tugas Akhir ini dapat diselesaikan dengan baik. Tak lupa semoga sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW yang telah memberikan pengaruh besar bagi kehidupan dan peradaban manusia maupun ilmu pengetahuan.

Dimulainya Masyarakat Ekonomi ASEAN akan memberikan dampak positif dan negatif bagi Indonesia. Liberalisme pasar bebas barang dan jasa akan memacu investasi dalam negeri dan menarik tenaga kerja asing ke Indonesia. Masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia dimungkinkan dapat menjadi ancaman apabila tenaga kerja Indonesia tidak mempunyai daya saing yang sebanding. Oleh karena itu, peningkatan daya saing tenaga kerja harus tetap dilakukan agar bangsa Indonesia tidak menjadi buruh di negeri sendiri. Hal tersebut dapat di antisipasi dengan mengkorelasikan input penunjang tenaga kerja sehingga tenaga kerja Indonesia memiliki kesiapan mental dan kemampuan.

IMG-20150929-WA0012

Tantangan berikut yang dihadapi Indonesia sekarang dalam industri minyak dan gas bumi, khususnya SKK Migas adalah turun tajamnya harga minyak mentah. Bahkan saat ini harga minyak masih di bawah USD 40,- barel per hari. Meskipun demikian Indonesia masih memiliki kepentingan dalam eksplorasi sumber-sumber minyak baru dan pengelalolaan sumber-sumber tersebut untuk menunjang perekonomian Indonesia dan kemakmuran bangsa. Namun demikian, cadangan minyak dan gas tersebut masih bersembunyi di lapisan perut bumi yang cukup dalam. Banyak pula cadangan migas tersebut berada di bawah dasar laut dalam yang ombaknya ganas. Karenanya, industri migas merupakan industri padat modal dan padat teknologi serta penuh resiko.

Dalam Tugas Akhir ini, menimbang atau weighing barang yang ukuranya besar dan sangat berat hingga ratusan ton bahkan ribuan ton khususnya untuk industri eksplorasi minyak lepas pantai memerlukan cara (metode kerja) yang khusus. Informasi akhir dari hasil penimbangan juga harus berkualitas serta dapat dipertanggungjawabkan.

11206950_10204919747342624_3929901894002554739_n

Indonesia Project Logistics adalah perusahaan jasa yang bergerak di bidang transportasi proyek minyak dan gas, dan salah satu jasanya adalah menimbang (weighing) struktur/module anjungan minyak lepas pantai seperti Jacket dan Topside.

Analisis Desain Operasional Perhitungan Weighing menggunakan mesin EVO Synchronous Jacking & Weighing System adalah studi kasus di PT. Indonesia Project Logistics untuk proyek Husky-CNOOC Madura BD Field Development yang diproduksi dan difabrikasi di PT. PAL Indonesia selaku perusahaan EPC.

Analisisnya tentang system perancangan kerja (work study) yang meliputi metode-metode kerja, parameter-parameternya, tentang kelesamatan kerja (dengan job risk assement-nya), tentang teknik operasionalnya yang sesuai dengan standar yang diharuskan, serta penilaian terhadap kualitas hasil akhir (output) dari kegiatan operasional tersebut. Ada perancangan (design) yang matang sehubungan dengan pendukung beban saat penimbangan (weighing). Ada pengaturan dan pengorganisasian SDM yang berhubungan dengan kegiatan operasional tersebut termasuk didalamnya jalur komunikasi hingga masalah keselamatan kerja, kemudian pelaksanaan pekerjaan yang sesuai, serta pengendalian hasil keluaran dari operasi penimbangan agar kualitas hasil laporan tersebut terverifikasi dan sesuai dengan kaidah kaidah yang berlaku dibidang teknik, keindustrian, dan keselamatan kerja.

Penulis menyadari bahwa dalam Tugas Akhir ini masih banyak terdapat kekurangan dalam banyaknya aspek yang harus dipelajari dan dikaji, dan dengan penuh kerendahan hati penulis mengharapkan saran serta kritik dari pembaca untuk perbaikan dan pengembangan kajian selanjutnya.

Dan dalam kesempatan ini, ijinkanlah penulis juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua orang yang mengenal penulis dan telah menghabiskan waktu bersama selama belajar di Universitas Borobudur, semoga apa yang sudah kita luangkan ada manfaatnya dan berguna bagi bangsa dan negara.

DSC_0762