Dibawah ini adalah soal-soal yang ditanyakan dalam Buku Sistem Informasi Manajemen (Edisi 10) yang ditulis oleh McLeod (Pearson) dalam tugas mata kuliah Manajemen Sistem Informasi Teknik Industri, Universitas Borobudur.

1) Why are standard provided to the information processor in general system model of the firm?
Mengapa ada standar yang harus disediakan dalam model sistem perusahaan dalam pengolahan informasi?
Informasi harus tersedia bagi para manajer perusahan, dimana mereka membuat keputusan untuk mengantisipasi perubahan yang diperlukan dalam sistem fisik; disini, manajemen dipandu dalam pembuatan keputusannya berdasarkan standar kinerja perusahaan. Dengan standar tersebut mereka akan tahu dan dapat menentukan kapan perusahaan tidak berkinerja seperti yang telah direncanakan.

2) What are the eight environmental elements?
Apa saja delapan elemen lingkungan yang mempengaruhi perusahaan?
• Supplier atau vendor
• Pelanggan
• Adanya syarikat pekerja
• Lembaga perbankan atau komunitas keuangan
• Para pemegang saham atau pemilik perusahaan
• Pesaing
• Pemerintah, dan
• Masyarakat Luas

3) What provides the connection between the firm and its environment?
Apa hubungannya antara keberadaan perusahaan dengan lingkungannya?
Sebuah perusahaan ada untuk tujuan menyediakan produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan lingkungan. Sebuah perusahaan juga tidak akan dapat berfungsi tanpa sumber daya yang disediakan oleh lingkungan sekitarnya.

4) What is margin? How does it relate to competitive advantage?
Apa itu margin? Bagaimana hubungannya dengan keunggulan dalam persaingan?
Margin adalah batas dari keuntungan yang diharapkan (direncanakan) atau nilai dari produk dan jasa perusahaan setelah dikurangi harga pokoknya, seperti yang diterima pelanggan perusahaan. Bagaimana hubungannya? Margin keuntungan membantu perusahaan agar dapat bertahan hidup dan berhasil dalam jangka panjang dalam menghadapi tekanan persaingan yang sudah ada terhadap perusahaan.

5) What are Porter’s primary value activities? What are his support value activities?
Apa saja Aktifitas Nilai Utama menurut Porter? Apa Aktifitas Nilai Dukung itu?

Aktifitas nilai utama terdiri dari:
• Pasokan logistik (Inbound Logistics) yang mendapatkan bahan baku dan persediaan dari pemasok,
• Operasi (Operation) perusahaan yang merubah bahan baku menjadi barang jadi,
• Pengeluaran Logistik (Outbound Logistics) yang memindahan barang pada pelanggan,
• Pemasaran dan penjualan (Marketing & Sales) yang mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan mendapatkan pesanan, dan
• Pelayanan atau aktifitas yang mejaga hubungan pelanggan yang baik setelah penjualan (Services).

Sedangkan Aktifitas Nilai Dukung:
• Infrastruktur Perusahaan, termasuk pengelolaan umum, perencanaan, keuangan, accounting dan manajemen kualitas.
• Manajemen Sumber Daya Manusia, meliputi kegiatan rekrutmen, pelatihan, pengembangan SDM.
• Pengembangan Teknologi, kegiatan yang dapat dikelompokkan ke dalam usaha untuk meningkatkan produk dan proses, dan
• Pengadaan (procurement), yakni fungsi pembelian seperti pembelian bahan mentah, persedian dan jenis jenis barang lainnya yang dapat dijadikan aset seperti mesin-mesin, perlengkapan laboratorium, kantor dan bangunan.

6) What is a value chain?
Apa itu Rantai Nilai?
Value Chain atau rantai nilai adalah kumpulan aktivitas atau kegiatan dalam sebuah perusahaan yang dilakukan untuk mendesain, memproduksi, memasarkan, mengirimkan dan mendukung (support) produk.

7) What is a value system?
Apa itu system Nilai?
Value system atau system nilai adalah penghubungan rantai nilai (value chain) suatu perusahaan dengan value chain dari anggota-anggota channel distribusinya (cara mengantarkan barang atau produk agar sampai ke tangan konsumen).

8) How can a firm achieve strategic advantage from an information system that process customer sales orders?
Bagaimana sebuah perusahan dapat mencapai keuntungan strategis dari suatu sistem informasi yang memproses pesanan penjualan pelanggan?
Misalnya perusahaan ingin memutuskan untuk mengubah semua data penjualannya yang ada ke dalam tampilan data-data yang mudah untuk ditelusuri (di website) untuk ditampilkan kepada mitra bisnis dan pelanggan. Berapa harganya, berapa stoknya, kemudahan cara pembeliannya, kemudahan cara pembayarannya, informasi jadwal pengirimannya, spesifikasi barang dan modelnya, maka ini akan dapat mempercepat proses oder produk perusahaan, begitu juga dengan transaksi pembayaran ataupun pemantauan pengiriman barangnya.

9) Explain how you would achieve a tactical advantage by tying a sales order system to a customer service system.
Jelaskan bagaimana anda mencapai sebuah keuntungan taktis (menyiasati) dengan mengikat sistem order penjualan ke dalam suatu sistem layanan pelanggan.
Dengan system informasi pelayanan kepada pelanggan dapat ditingkatkan dengan menawarkan pelanggan akses langsung ke informasi. Misalnya tahun lalu dia membeli sejumlah tertentu, dengan pembelian sekarang yang meningkat dari tahun lalu, perusahan dapat memberikan diskon sebagai appresiasi terhadap order berikutnya. Disini, semua perusahaan ingin pelanggannya puas, karena kepuasan pelanggan akan membuat dia melakuan order lagi yang berulang dan terikat terus dengan perusahaan.

10) How would you design an information system to take advantage of personal opportunities?
Bagaimana anda mendesain sebuah system informasi guna mendapatkan keuntungan dari peluang pribadi?
Ditekankan pada integrasi sistem. Sumber datanya dari mana saja yang bisa diintegrasikan untuk memperoleh sistem informasi yang efektif terutama dalam biaya pembuatannya dan kemudahan akses. Kemudian mendesain fungsi-fungsi operasinya, misalnya bagaimana mengambil data, prosesnya, file update-nya, peletakan datanya (storage), pengambilan data, informasi laporanya, validasinya, konfirmasinya dan proses kontrolnya. Contohnya: sumber data sebaiknya hanya dikumpulkan sekali sebagai input ke sistem informasi, jangan berulang ulang meminta nama, alamat, tanggal lahir, email, kontak dan lain sebaginya.

11) What are the feature that distinguish a multinational corporation (MNC)?
Apa saja ciri yang membedakan dari sebuah perusahaan multinasional (MNC)?
• Membentuk anak perusahan di luar negeri (group of subsidiary)
• Visi dan strategi yang digunakan untuk memproduksi suatu barang bersifat global (mendunia), jadi perusaan tersebut membuat atau menghasilkan barang yang dapat digunakan di semua Negara, meskipun kadang dibeberapa tempat memiliki prosedur dan tujuan yang berbeda.
• Lebih cenderung memilih kegiatan bisnis tertentu, berdasarkan produk, pasar, Negara dan Budayanya
• Menempatkan kantor pusatnya (parent company) pada negara – negara maju.

12) What is a source of uncertainty for an MNC?
Apa yang dimaksud dengan sumber ketidakpastian dari MNC?
Ketidakpastian yang dimaksud dalam lingkungan MNC adalah perbedaan antara jumlah informasi yang diperlukan untuk melakukan suatu pekerjaan dan jumlah informasi yang dimiliki oleh organisasi. Hal ini dikeranakan sumber daya yang digunakan oleh perusahaan MNC sangat luas terdistribusi, begitu juga dengan sumber dayanya yang tersebar, inilah yang tidak mudah untuk dikelolah dan diatur.

13) How do the executives of an MNC respond to uncertainty?
Bagaimana para eksekutif dari MNC mengatasi ketidakpastian?
Untuk mengatasi ketidakpastian akibat pengaruh lingkungan yang luas para eksekutif memanfaatkan teknologi informasi. Dengan kemajuan di bidang teknologi informasi, metodologi, dan komuniasi dapat membuat integrasi global menjadi jauh lebih mudah.

14) What single word describes the key to achieving competitive advantage for an MNC?
Sebutkan satu kata kunci penjelasan untuk mencapai keunggulan kompetitif bagi MNC?
Koordinasi adalah kata kunci untuk mencapai keunggulan kompetitif di dalam pasar global. Perusahaan yang tidak mampu mendapatkan kendali strategis atas operasinya di seluruh dunia dan mengelolahnya dengan cara yang terkoordinasi secara global, tidak akan dapat meraih kesuksesan dalam perekonomian internasional.

15) Identify three ways that cultural and communication barriers can pose challenges in developing a global information system
Sebutkan tiga cara dari kendala budaya dan komunikasi dapat menjadi tantangan dalam mengembangkan sistem informasi global
• Pembatasan Pembelian & Impor Piranti Keras. Pemerintah local biasanya melindungi pabrikan lokal dan merangsang investasi asing pada produksi lokal yang dapat digunakan untuk mendukung pengoperasian berbagai system piranti keras ataupun software yang berbeda.
• Pembatasan Pemrosesan Data. Kebijakan nasiondal mengatur bahwa data harus diproses di dalam negeri, bukan dikirim ke luar negeri atau diproses di tempat lain.
• Pembatasan Komunikasi Data, misalnya kebijakan alrian data antar negera (transborder data flow atau TDF)

16) List the seven types of information resources. Place an asterisk next to those that are located in information services.
Sebutkan tujuh jenis sumber daya informasi. Kasih tanda bintang di sebelahnya yang selalu terdapat di layanan informasi.
• Piranti Keras Komputer
• Piranti Lunak (Software)
• Spesialis Informasi
• Pengguna
• Fasilitas
• Database*
• Informasi*

17) Identify four dimensions of information that a manager should consider.
Sebutkan empat dimensi informasi yang harus dipertimbangkan oleh seorang manajer.
• Relevansi; berhubungan dengan masalah yang sedang dihadapi. Data yangberhubungan sesuai dengan fakta, artinya daya yang relevan dengan pengambilan keputusan yang akan diambil saja yang akan disebut sebagai informasi.
• Akurasi; semua informasi harus akurat
• Ketepatan Waktu; informasi tersedia untuk pengambilan keputusan sebelum situasi yang genting berkembang atau hilangnya peluang yang ada. Manajer hendaknya dapat memperoleh informasi yang menguraikan apa yang terjadi saat ini, selain dari apa uang terjadi di masa lalu.
• Kelengkapan; informasi yang disajikan memberikan gambaran yang lengkap atas suatu masalah tertentu atau solusinya. Lengkap bukan berarti kelebihan muatan informasi (information overload).

18) What is knowledge management?
Apa itu manajemen pengetahuan?
Manajemen Pengetahuan adalah proses pengorganisasian informasi sebuah perusahaan sehinga intormasi tersebut dapat dikumpulkan, disimpan, diproses, dan digunakan oleh para pengambil keputusan. Kegiatannya termasuk mengakuisisi data, memproses data menjadi informasi, menggunakan dan mengomunikasikan informasi dengan cara yang paling efektif, dan menghapus informasi pada waktu yang tepat.

19) Comment on the following statement:
Apa pendapat anda tentang:

a. Information produced by the information processor should be free of errors.
Informasi yang dihasilkan oleh pengolahan informasi harus bebas dari kesalahan.
Bila informasi yang dihasilkan banyak kesalahannya tentunya akan mempengaruhi dalam pengambilan keputusan atau menentukan tindakan secara keseluruhan. Dengan demikian akan berpengaruh terhadap kemampuan untuk mengontrol atau memecahkan suatu masalah dengan baik. Informasi yang banyak salahnya akan berakibat fatal pada pengambilan keputusan yang salah.

b. An information processor should provide the manager with as much information as possible
Pengolah informasi harus dapat memberikan informasi sebanyak mungkin kepada manajer.
Tidak perlu pengolah informasi harus memberikan informasi sebanyak mungkin kepada manager, yang penting tepat sasaran bukan kelebihan muatan informasi yang tidak diperlukan oleh manajer tersebut

20) Why should an organization capture data from its legacy system?
Mengapa sebuah perusahaan harus mengambil data dari system yang lama (warisan)?
Kerana system yang lama (legacy) memproduksi informasi bersejarah (historis), dan informasi tersebut masih dianggap berharga. Nilai data-data yang lama dapat diperbaharui menjadi nilai-nilai yang baru. Misalnya beberapa data warisan hanya dapat tersida dalam bentuk file cetakan kertas. Data seperti ini dapat di ambil sebagai data gambar dalam system yang baru.

21) How has the increased use of Web sites by firms increased the importance of image management?
Bagaimana peningkatan penggunaan situs web oleh perusahaan akan meningkatkan pentingnya manajemen gambar?
Peranan gambar dalam situs web akan menjadikan tampilan informasinya sangat visual. Logo perusahaan, foto produk, karyawan, dan gambar gambar lain akan dapat membantu pengguna menavigasi situs web tersebut. Oleh karena itu pengelolahan gambar, kebutuhan ruang penyimpanan, penampilan format gambar yang konsisten, serta aplikasinya menjadi sangat penting dalam mamajemen gambar.

22) Could a manager be a CIO even though he or she does not have that title? Explain.
Dapatkah seorang manajer menjadi CIO meskipun dia tidak mempunyai gelar? Jelaskan.
Seorang manaher dapat menjadi CIO meskipun dia tidak mempunyai gelar TIK, karena CIO adalah orang yang menyumbangkan keahian manajerialnya dalam memecahkan masalah-masalah yang tidak hanya berhubungan dengan layanan informasi saja, melainkan juga area-area operasi perusahaan lainnya.

23) Would a degree in business administration help a CIO? Explain.
Apakah sarjana dalam administrasi bisnis membantu seorang CIO? Jelaskan.
Ya, sarjana dalam administrasi bisnis dapat membantu seorang CIO, karena meliputi keseluruhan perusahan, baik pada tingkat minimum hingga tingkat paling atas. Mulai dari masukan perencanaan strategis di semua level, area usaha, dan sumber daya informasi.

24) What are the two basic elements that should be included in a strategic plan for information resources?
Apakah dua elemen dasar yang harus dimasukkan dalam sebuah rencana strategis untuk sumber daya informasi?
• Sasaran yang aka dicapai oleh setiap ketegori system sepanjang periode waktu yang dicakup oleh rencana
• Sumber daya informasi yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut

Sumber:

Silahkan klik disini.