Dibawah ini adalah soal-soal yang ditanyakan dalam Buku Sistem Informasi Manajemen (Edisi 10) yang ditulis oleh McLeod (Pearson) dalam tugas mata kuliah Manajemen Sistem Informasi Teknik Industri, Universitas Borobudur.

1) When did personal computers first appear?
Kapan Personal Computer kali pertama muncul?
Tahun 1982 yang dikeluarkan oleh IBM

2) What is an information specialist? Provide 4 example.
Apa itu Information Specialist? Sebutkan 4 contohnya.
Information Specialist adalah orang yang bertanggung-jawab secara penuh untuk mengembangkan dan mengoperasikan sistem-sistem informasi. Contohnya: System Analyst, Programer, Administrator Database, dan Webmaster.

3) What are the main function of CPU and RAM?
Apa fungsi utama dari CPU dan RAM?
Fungsi CPU adalah menjalankan program – program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi – instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai dengan kontrol dan alur perintah yang diberikan. Sedangkan fungsi utama RAM adalah sebagai memori utama didalam sebuah komputer yang digunakan untuk media penyimpanan sementara saat komputer dalam keadaan hidup. Menyimpan data dari hardisk/flash disk dan menyuplai data untuk prosessor yang akan diproses.

4) How is the communications speed of a cable modem different from a traditional modem that connects to a telephone line?
Bagaimana bisa berbeda kecepatan komunkasi kabel modem dengan kabel modem yang masih dihubungkan dengan line telepon?
Menggunakan line telepon kecepatan komunikasi modem lebih lamban dibanding yang menggunakan modem jalur lebar (broadband), karena jika menggunakan kabel telepone, jaringannya banyak dipengaruhi oleh padatnya arus komunikasi yang lain, belum lagi infrastrukturnya yang memang sudah terbatas teknologinya (misalnya systemnya masih analog) untuk dapat ditingkatkan lagi kecepatannya.

5) What data transmission speed can you expect for direct computer-to-computer communications? What is a common transmission speed you might find for wireless computer communication?
Kecepatan apa yang diharapkan untuk transmisi data langsung dari computer ke computer? Biasanya berapa kecepatan transimisi data yang pernah ditemukan dalam komunikasi computer yang nirkabel?
Yang diharapkan adalah kecepatan tinggi untuk transmisi data dari computer ke computer. Kecepatan 56 Kbps jika dibandingkan 2 MBps atau 10 MBps, apalagi 54 Mbps sudah sangat jauh dalam segi waktu untuk pengiriman ataupun pengunduhan (download) data yang banyak kita butuhkan untuk komunikasi maupun menopang pekerjaan sehari-hari.

6) Is a computer a virtual system, a physical system, or both? Explain
Apakah Komputer termasuk dalam sistem virtual, sistem berbentuk fisik, atau kedua-duanya? Jelaskan
Komputer termasuk dalam sistem yang berbentuk fisik seperti barang-barang, orang, mesin dan uang. Sedangkan sistem virtual adalah berisi sumber-sumber informasi yang mewakili sistem yang berbentuk fisik, seperti informasi tentang barang-barang, data karyawan, data mesin, atau informasi mengenai keuangan. Komputer adalah mesin yang mendukung virtual system namun ia adalah bagian dari physical system.

7) In what way is a computer an open system?
Dalam hal yang bagaimana sebuah computer itu adalah sistem yang terbuka?
Komputer bisa jadi sebagai sistem terbuka yang sangat tergantung pada lingkungannya. Sistem terbuka menerima input (informasi, energi, material) dari lingkungan dan dapat mengirim output (misalnya sebuah informasi, pasokan energy, ataupun pengeluaran material) kepada lingkungan.

8) Does a transaction processing system produce information or data? Explain.
Apakah sistem pemrosesan transaksi menghasilkan data atau informasi?
Pemrosesan transaksi itu menghasilkan informasi, karena informasi adalah data yang sudah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya, sedangkan data hanya merupakan sumber informasi yang menggambarkan suatu kejadian (kumpulan fakta, dan angka-angka saja).

9) Where are the users of the transaction processing system located in the organization? Are they at the top, middle, or bottom?
Diposisi mana para pengguna sistem pemrosesan transaksi dalam suatu organisasi? Di atas, menengah atau level bawah?
Semua level dalam sebuah organisasi adalah pengguna dari suatu transaction processing system, bahkan orang-orang diluar organisasi tersebut adalah pengguna dari sistem pemrosesan transaksi, karena tanpa sebuah sistem pemrosesan kita tidak dapatkan informasi yang dihasilkan dari data yang dimasukkan.

10) Distinguish between a periodic report and a special report.
Bedakan antara laporan berkala dan laporan khusus.
Laporan berkala atau periodic report adalah laporan yang dibuat menurut jadwal tertentu contohnya adalah analis penjualan terhadap pelanggan perbulan, sedangkan laporan khusus atau special report adalah laporan yang dibuat ketika sesuatu yang tidak seperti biasanya terjadi contohnya laporan mengenai pembelian asset berupa gedung, mesin atau mobil.

11) How do personal productivity system make a manager more efficient?
Bagaimana sistem produktifitas personal membuat seorang manajer lebih efisien?
Dengan sistem personal productivity menentukan data, mengumpulkan data dan mengintrepetasikan data bisa dilaksanakan lebih cepat, lebih mudah, dan lebih teliti, karena dilakukan sendiri (self-managed), mendapatkan informasi masukan lebih cepat, begitu juga melaporkannya lebih mudah.

12) How does the focus of a DSS (Decision Support System) differ from that of an MIS?
Bagaimana fokus dari DDS bisa berbeda dengan MIS?
DSS (Decision Support Systems) adalah sistem penghasil informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan oleh manajer dan keputusan yang harus dibuat manajer. Berbeda dengan MIS yang secara umum digunakan oleh para karyawan operasional, DSS secara umum digunakan oleh para manajemen senior untuk membantu mengambil keputusan. Sistem informasi ini bekerja dengan membuat rangkuman (summary) yang berasal dari MIS. Data-data historis dirangkum dan kemudian dimodelkan dan dianalisa sehingga si pengguna dapat mengambil keputusan cepat.

13) Why are group decision support system important?
Mengapa group decision support system penting?
Karena GDSS memudahkan pemecahan atas masalah tak terstruktur oleh beberapa (set) pembuat keputusan yang bekerja sama sebagai suatu kelompok atau dengan kata lain membantu pengambilan keputusan untuk menunjang keputusan kelompok

14) Why is planning more likely to occur at higher levels of management and control more likely to occur at lower levels of management? Does this influence the type of information system developed for different levels of management?
Mengapa perencanaan sepertinya lebih banyak terjadi di tingkat manajemen atas, dan pengendalian lebih banyak terjadi di tingkat bawah? Apakah ini mempengaruhi sistem informasi yang dikembangkan untuk level manajemen yang berbeda?
Karena manajemen tingkat atas harus pandai menangkap kenyataan peluang yang ada, yaitu bereaksi terhadap kesempatan-kesempatan yang diberikan oleh lingkungan luar akan berpengaruh kepada organisasi seperti tekanan-tekanan dari lingkungan luar yang bisa merugikan organisasi atau sedapat mungkin mengubahnya menjadi menjadi kesempatan. Menetapan tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi berdasarkan visi yang dimiliki oleh manajemen serta penentuan strateginya apa saja tindakan yang harus dilakukan oleh organisasi dengan maksud guna mencapai tujuannya. Termasuk didalamnya merencanakan sumberdaya yang akan dikerahkan supaya tujuan organisasi tersebut dapat diraih. Sedangkan pada tingkat manajemen di level bawah harus dapat meyakinkan bahwa perencanaan & strategi yang sudah ditetapkan oleh oragnisasi berjalan secara efektif dan efisien dengan cara pengendalian atau controlling.

15) Why were firms especially attracted to enterprise resource planning system in the late 1900s? Are those attractions still valid?
Mengapa perusahaan-perusahan tertarik dengan sistem ERP di akhir tahun1900 an. Apakah yang ditawarkan dari ERP masih berlaku?
Karena ERP menyediakan sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di sebuah perusahaan. ERP memungkinkan terjadi integrasi data yang terdapat pada keseluruhan unit yang ada dalam perusahaan, sehingga hal ini memampukan organisasi bisnis untuk mengambil keputusan secara akurat dan cepat.

16) Identify the five major management functions described by Henri Fayol.
Sebutkan 5 fungsi manajamen menurut Henri Fayol.
• Merencanakan apa yang harus dikerjakan (Planning)
• Mengatur bagaimana melaksanakan apa yang sudah direncanakan (organizing)
• Menentukan sumber daya sumber daya yang diperlukan dalam perusahaan (staffing)
• Menugaskan (Directing) guna pelaksanakan apa yang sudah ditentukan
• Pengendalian (Controlling) apa yang sudah tetapkan agar sesuai arah tujuan.

17) Which concept explicitly recognizes the importance of information in management functions or management roles?
Konsep apa saja yang secara eksplisit mengakui pentingnya informasi dalam fungsi manajemen-manajemen atau peran manajemen?
• Tahapan-tahapan pemecahan masalah (problem solving phases). Pada konsep ini dijelaskan mengenai definisi empat tahapan dasar dalam penyelesaian suatu masalah,dimana konsep ini sudah diakui secara universal (meluas).
• Sistem pendukung pengambilan keputusan (Decission Support System). Konsep ini di cetuskan oleh G. Anthony Gorry dan Michel S. Scott Morton, pada konsep ini sumber informasi sangatlah penting, khususnya dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan yang terjadi pada sebuah manajemen,sehingga para manajer atau sekelompok kecil manajer akan mendapatkan kemudahan dalam menangani dan memecahkan suatu permasalahan.sehingga diharapkan suatu manajemen tidak mengalami sebuah kegagalan.

18) What are the four stages of problem solving, according to Herbert A. Simon?
Sebutkan 4 tahapan problem solving menurut Herbert A. Simon.
• Intelligence Activity: mencari kondisi yang memungkinan untuk mendapatkan solusi
• Design Activity: menemukan, mengembangkan, dan menganalisa kemungkinannya
• Choice Activity: menentukan arah yang tepat dari pilihan-pilihan yang ada
• Review Activity: menilai hasil dari apa yang sudah dipilih

19) If present trends continue, what will be four features of future computers?
Jika trend saat ini berlanjut, apa empat ciri dari computer masa depan?
• Low Cost, harga dan biaya murah
• Small in Size, ramping bentuknya
• Mobile, dapat dibawa dengan mudah
• Connected, selalu terhubung dengan internet