Dari Lecture on ship design and ship theory, Herald Peolhs, berat bahan bakar ditentukan sebagai berikut:

Wfo = (Pme.bme) x S/VS x 10^-6  x ζ

Dimana :

Pme = BHP motor induk= 100 hp

bme = fuel oil Consumption = 22 L/hr

S = Radius pelayaran = 55,76 sea mill

Vs = Kecepatan kapal = 6 knot

ζ = harga tambahan (sisa tangki yang tidak bisa disedot, cadangan yang tidak bisa di sedot dan waktu tunggu).

= 1,1 ~ 1,3 diambil 1,2

Maka,

Wfo= (100 x 22) x (55,76/6) x 10^-6 x 1,2

= 0,0245 ton

γdo = 0,85 ton/m3

maka volume tangki bahan bakar adalah:

Vfo = Wfo/ γdo

= 0,0245/0,85

= 0,02886 m3

= 28,86 Liter

dibulatkan menjadi 29 Liter

Berat bahan bakar motor bantu ditentukan dengan rumus pendekatan (Marine Design Outfitting Machinery) yaitu:

Wae = (0,1~0,2) x Wfo diambil

0,16

= 0,16 x 0,0245

= 0,0039 ton

Vae = 0,0039 x 0,85

= 0,0046 m3 atau = 4,6 Liter

=> (4,6 ltr/9,29 jam)/24 jam

=> 11,93 liter/hari

=> 11,93 x 3 = 35,77 liter/trip

atau = 36 Liter/trip

Total kebutuhan bahan bakar

= Vfo + Vae

= 29 liter /trip + 36 liter/trip

= 65 liter/trip

= 65/3 = 21,7 liter/hari ᴝ 22 liter/hari

Jadi kebutuhan bahan bakar = 22 liter/hari. Jika harga solar Rp.4500,-/liter, maka kebutuhan bahan bakar untuk 1 trip = Rp.297.000,-