Dari Lecture on ship design and ship theory, Herald Peolhs, berat bahan bakar ditentukan sebagai berikut:
Wfo = (Pme.bme) x S/VS x 10^-6 x ζ
Dimana :
Pme = BHP motor induk= 100 hp
bme = fuel oil Consumption = 22 L/hr
S = Radius pelayaran = 55,76 sea mill
Vs = Kecepatan kapal = 6 knot
ζ = harga tambahan (sisa tangki yang tidak bisa disedot, cadangan yang tidak bisa di sedot dan waktu tunggu).
= 1,1 ~ 1,3 diambil 1,2
Maka,
Wfo= (100 x 22) x (55,76/6) x 10^-6 x 1,2
= 0,0245 ton
γdo = 0,85 ton/m3
maka volume tangki bahan bakar adalah:
Vfo = Wfo/ γdo
= 0,0245/0,85
= 0,02886 m3
= 28,86 Liter
dibulatkan menjadi 29 Liter
Berat bahan bakar motor bantu ditentukan dengan rumus pendekatan (Marine Design Outfitting Machinery) yaitu:
Wae = (0,1~0,2) x Wfo diambil
0,16
= 0,16 x 0,0245
= 0,0039 ton
Vae = 0,0039 x 0,85
= 0,0046 m3 atau = 4,6 Liter
=> (4,6 ltr/9,29 jam)/24 jam
=> 11,93 liter/hari
=> 11,93 x 3 = 35,77 liter/trip
atau = 36 Liter/trip
Total kebutuhan bahan bakar
= Vfo + Vae
= 29 liter /trip + 36 liter/trip
= 65 liter/trip
= 65/3 = 21,7 liter/hari ᴝ 22 liter/hari
Jadi kebutuhan bahan bakar = 22 liter/hari. Jika harga solar Rp.4500,-/liter, maka kebutuhan bahan bakar untuk 1 trip = Rp.297.000,-
oh jadi begitu yah masbro….. sippp
SukaSuka
kemana aja lu der…
SukaSuka
3 itu darimana bas terus 9,29 jam juga darimana?
SukaSuka
9.29 jam itu dari jauh nautical mile yang di tempuh dengan berapa knot kecepatan kapal (55.76 NM/6 knot), sedangkan 3 adalah jumlah mesin
SukaSuka
trimaksh penjelasanya bas sangat membantu sekali (y)
SukaSuka
m’f bas sy pikir secara logika terjadi kontradiktif klu di perhatikan antara pemakaian bbm motor induk dan motor bantu. masa motor bantu lebih besar pemakaianx dari pada motor induk ?. klu boleh sy koreksi pemakaian bbm : vfo=29 ltr. vae=3 kali 4.6=13.8 ltr. jadi ttl pemakaian bbm =42.8 ltr.(itu klu motor bantu hidup ketigax).
SukaSuka
Pak minta bantuannya.
Jika bunker consumption sudah diketahui berdasarkan laporan kapten kapal. Pertanyaannya:
1. Bagaimana memastikan bahwa perhitungan itu akurat, apakah ada rumus perhitungan yang baku untuk menghitung konsumsi bahan bakar?
Apakah
2. Apakah ada standar baku atau pendekatan keakuratan dengan perhitungan konsumsi per hari dengan konsumsi per jarak?
SukaSuka
Buat Mas Haries;
1) Menghitung secara akurat barang berupa cairan seperti BBM diatas kapal yang selalu bergerak tidaklah mudah jika itu dilakukan secara manual. Rumus perhitungganya bisa jadi berbeda-beda untuk menghitung konsumsi Bahan Bakar Kapal.
2) Standar Baku untuk perhitungan konsumsi per hari dengan konsumsi per jarak tidak bisa dilakukan, karena Kapal berjalan juga tergantung cuaca. Jika cuaca baik, kapten kapal bisa insturksikan KKM untuk merendahkan RPM agar dapat menghemat BBM, namun jika laut dalam keadaan alun (misalnya) sudah pasti running mesin kapal akan berbeda.
ada banyak faktor yang mempengaruhi konsumsi BBM pada mesin kapal.
karena itu jika ingin memastikan fuel kapal perhitungganya “akurat” dalam arti bisa dimonitor dan dikontrol, maka kapal tersebut sudah pasti harus sudah disiapkan sejak semula untuk kondisi “akurat” tersebut. Misalnya:
a) Ada flow sensor
b) Ada RPM monitor
c) Ada GPS
d) Dibuatlah Fuel Monitoring System, yang menerima masukan dari point a,b, dan c, kemudian memberikan laporan informasinya.
Saya kira itu yang lebih akurat.
Contohnya:
SukaSuka
Noted Pak,
Saya menemui kondisi sebagai berikut:
1. Terlihat konsumsi bahan bakar stabil (per hari atau per bulan) misal bulan 1 konsumsi 10 MT, bulan ke 2 konsumsi 10,2 MT
2. Namun jarak yang ditempuh pada bulan 1 adalah 100 NM dan bulan ke 2 adalah 150 NM
saya melihat perhitungan tersebut tidak mencerminkan keadaan yang sebenernya. oleh karena itu, saya mencoba berdiskusi dengan pak Burhanuddin mengenai hal ini. apakah memungkinkan atau adanya formula standard yang bisa dipakai untuk mendekati kondisi sebenarnya.
thanks pak sebelumnya
SukaSuka
Oww… seperti itu.
Bisa juga sih dimodelkan dulu dengan pendekatan statistik.
Misalnya:
a) Kumpulkan data pengamatan/laporan dari kapten (1 hari berapa ton)
b) Tes Kecukupan datanya (ada itu formulanya, dimana komponen-nya terdiri dari tingkat keyakinan data 95% atau 99%, derajat ketelitian, jumlah pengataman, untuk mengetahui jumlah data teoritis atau data sudah cukup)
c) Bikin analisa keseragaman datanya, supaya tahu batas kontrol atasnya dan batas kontrol bawahnya (standar deviasi). misalnya 1 bulan rata-rata 10 Ton per 100NM eh bulan lain 10 per 150 NM, itu bisa diketahui deviasinya, kalau terlalu jauh disebut sebagai data pencilan, harus diverifikasi dulu, karena tidak bisa digunakan untuk menghitung rumus bakunya.
d) Buat penyesuaian kelonggaran, misalnya karena faktor alam, cuaca, dan lain-lain
baru rumus bakunya bisa dibuat dengan persama:
persamaan baku = [persamaan analisa x RF] x [100 / (100 – A)
dimana:
RF = performance rating / rating factor
A = Kelonggaran (allowance, misalnya dikasih berapa % more & less fuel hilang)
[persamaan analisa yang kita dapat x RF] itu kita sebut sebagai persamaan atau formula normal dari kasus Mas Haris.
Mungkin itu metode pendekatannya.
SukaSuka
Mas mau tanya software ini bisa di beli dimana ya?
Apa tersedia di Indonesia?
SukaSuka
Selamat pagi bapak, Kami tertarik dengan Sistem Aplikasi diatas dimana kami bisa dapatkan?
SukaSuka
kalo mau mencari pemakaian per jam nya gimana bas??
SukaSuka
berapa liter per hari dibagi 24 jam akan ketemu liter per jam-nya :)
SukaSuka
bas untuk rumus:
Wfo = (pme.bme) x S/Vs x 10-6 x ζ
dari mana dapat nya 10-6..
mohon jg itungan penjabarannya. terima kasih.
SukaSuka
maaf mas bro…
seharusnya itu tertulis
Wfo = (pme.bme) x S/Vs x 10^-6 x ζ
Maksudnya:
10 pangkat -6 atau sama dengan 0.000001
Salam,
Burhan
SukaSuka
Selamat malam pak, maaf pak saya ingin bertanya, 10^-6 ini di dapat dari mana ya? maksudnya kenapa harus di kali 10 pangkat -6? dikali 10 pangkat -6 apakah faktor penyesuaian satuan? karena saya masih bingung kenapa tiba2 dapet satuan ton pak, mohon pencerahannya. terima kasih pak 😇
SukaSuka
Ad rumusnya gak bas. Cara menghitung pemakaian BBM/jam
Dgn kecepatan Rpm. 1200
SukaSuka
Bisa menggunakan persamaan dibawah ini:
BBM = (HP x Epk/h x BJ x RPM) / max RPM
Epk/h untuk mesin baru kira-kira sama dengan 0,140 kg
Epk/h untuk mesin lama kira-kira sama dengan 0,160 kg
BJ bahan bakar untuk solar = 0,85
SukaSuka
thanks bas. Infonya. Sangat bermanfaat buat saya.
.
Aku mau nanya lagi ni bas. Bisa gak satuan hp di bawa ke kw. Misalnya 1HP = …… KW ?? Mohon bantuannya
SukaSuka
Mau tanya bass
Kapal dengan mesin mitsubishi hp 650 x2, rpm terpakai 1000, rpm max 1200, tahun pembuatan 2007, berapa pemakaian bbm perjam nya?
Terimakasih
SukaSuka
1 HP = 0.73549875 KW
SukaSuka
epk/h itu apa bas mohon penjelasannya?
SukaSuka
equivalent PK per jam
SukaSuka
sisa tangki yang tidak bisa disedot, cadangan yang tidak bisa di sedot dan waktu tunggu, maaf bass, maksudnya apa ya itu
SukaSuka
bas kalo API dalam bahan bakar kepanjangannya apa?
SukaSuka
API bisa jadi itu rujukan ke American Petroleum Institute
SukaSuka
Noted Pak,
Saya menemui kondisi sebagai berikut:
1. Salah Satu Kapal Isap Produksi, dengan 8 mesin terintegrasi,.
2. untuk pencatatan konsumsi setiap mesin, sudah dilakukan perhitungan sedemikian rupa (Hp, Rpm, Solar L/h)
saya melihat perhitungan tersebut tidak mencerminkan keadaan yang sebenernya. oleh karena itu, saya mencoba berdiskusi dengan pak Burhanuddin mengenai hal ini. apakah memungkinkan atau adanya formula standard yang bisa dipakai untuk mendekati kondisi sebenarnya. (merujuk pertanyaan mas haries ^^)
saya punya data konsumsi setiap mesin setiap shift kerja selama 3 bulan,.
saya ingin menganalisis tingkat konsumsi bahan bakarnya terhadap perolehan produksi Kapal Isap Produksi tersebut.
mohon pencerahannya Pak
thanks pak sebelumnya :)
SukaSuka
pake metode statistik untuk analisisnya.
termasuk sample datanya dianalisis dulu untuk pemodelan kondisi sebenarnya :)
SukaSuka
Salam kenal,mau tanya mesin kapal 2060 KW,specific fuel consumption 205 g/ kwh dengan density hsd 0.830,Rpm mesin 435,terimakasih atas bantuannya.
SukaSuka
O..ya berapa kira2 pemakaian bahan bakar per liter.terimakasih
SukaSuka
BBM = (HP x Epk/h x BJ x RPM) / max RPM
Epk/h untuk mesin baru kira-kira sama dengan 0,140 kg
Epk/h untuk mesin lama kira-kira sama dengan 0,160 kg
Dimana
2060 KW dirubah dulu jadi HP
BJ bahan bakar = 0,830
RPM sudah diketahu 435
Maksimum RPM-nya berepa? tinggal masukkan sebagai pembagi.
SukaSuka
salam kenal pak, izin bertanya
γdo = 0,85 ton/m3 itu asalnya dari mana ya pak?
lalu BJ Bahan Bakar = 0,830 itu sudah ketentuan atau ada perhitungannya pak?
SukaSuka
Salam kenal Pak,
Saya mau menghitung konsumsi BBM untuk kapal yang memiliki Main Engine 14847 HP dan Auxilliary Engine 1274 HP dengan kecepatan 15 knot dan jarak 1.391 Km. Lalu ada data konsumsi bbm per hari adalah ME 20 M3/Day dan AE 3 M3/Day
Bantu hitung dong Pak, saya sudah hitung dengan total konsumsi bbm 24.160 liter/trip apakah benar ?
Dari hasil googling saya lagi terdapat rumus untuk konsumsi BBM sebagai berikut :
Radius pelayaran x ((98 % x HP Main Engine) + (20 % x HP AE) x Koefisien Bahan Bakar (0.17-0.185 kg/EHP/Jam) dibagi dengan Kecepatan dikali 1000/
Selain itu ada pula rumus yang mirip dengan rumus Bapak, namun saya mendapatkan total konsumsi yang lebih besar yaitu 326.026 liter/trip dengan rumus :
Konsumsi bahan bakar untuk ME : (Pbme.bme + Pae.bae) S/V.10^-6.Add
Sedangkan Konsumsi Bahan Bakar untuk AE = (Pae.bme).wp.10^-6
Mohon pencerahannya Pak, mengapa dari ketiga rumus tersebut, berbeda jauh besaran konsumsinya.
Trims
SukaSuka
kalau sudah diketahui konsumsi BBM malah lebih mudah nuu ngitungnya…
Jarak Termpuh 1391 Km atau sekitar 751 NM
Speed = 15 knot
Waktu Tempuh = 751 NM/15 knot = 50 Jam
Data Fuel Consumption:
Main Engine = 20 M3/Day atau 20.000 liter per 24 jam atau 958.33 liter per jam
Aux. Engine = 3 M3/Day atau 3000 liter per 24 jam atau 125 liter per jam
Ditanyakan Total Konsumsi BBM kapal tersebut?
Jawab:
Main Engine = 958.33 liter per Jam
Aux. Engine = 125.00 liter per jam
Total Fuel Consumption Main Engine + Aux Engine = 1083.33 liter per jam
Waktu Tempuh untuk jarak 1391 km adalah 50 jam, maka=
1083.33 liter per jam x 50 jam = 54.166,6 liter atau sekitar 54.166 M3
atau sekitar 46 Ton BBM (BJ 0.85 misalnya)
Kalau hasilnya 326.026 liter/trip tidak mungkin
Apalagi hasilnya 24.160 liter/trip tidak mungkin
Sebab:
Horse Power kapalnya besar 14847 HP…
Andaikan Aux. Enginenya dimatikan juga tidak mungkin segitu.
Salam
SukaSuka
mau nanya bos kebutuhan bbm dalam satu jam tuk mesin mercury 135 PK BBM bensin rumusnya gimana?
SukaSuka
mesti test dulu kalau masih belum tahu.
biasanya dari spesifikasinya sudah ada informasinya belum
kalau gak ada ya harus test engine untuk tahu BBM konsumsinya.
stahu saya dari manufakturnya sudah ada
dari website http://www.boat-fuel-economy.com/mercury-outboard-fuel-consumption-liters
kita dapatkan bahwa sejenis itu kira-kira < 53.6 Liter per Jam
SukaSuka
Selamat sore pak saya punya emergenci generator 90 kw brapa yah pemakaian dalam satu jam pak
SukaSuka
Estimasi saja:
1/4 Load = 2,6 galon/jam
1/2 Load = 4,1 galon/jam
3/4 Load = 5.8 galon/jam
Full Load = bisa sampai 7,4 galon per jam
1 galon = 4.546 Liter
SukaSuka
assalamualaikum
sudah dua kali saya temui mesin kapal dengan trouble yang sama, tapi sampai sekarang saya belum mendapatkan hasil dan jawaban yang memuaskan.
pertama pada mesin yanmar dengan HP 2000 dan yang kedua pada mesin caterpillar dengan HP yang sama.
trouble yang saya temui kedua-dua nya sama yaitu overheating sampai air pada cooler pendingin menyembur keluar dari cooler pendingin, selain itu saking terlampau panas kamar mesin di penuhi dengan kepulan asap seperti sauna.
pada kejadian itu kami sudah mencoba kemungkinan2 yang menjadi penyebabnya, mulailah kami memeriksa seluruh komponen pendingin seperti pengurasan dan pembersihan cooler radiator, pembersihan cooler air laut, pemeriksaan pompa pendingin air laut, pemeriksaan thermostat.
setelah kami test dan kami amati sirkulasi bagus, air pembuangan dari mesin lancar.
tetapi setelah mesin bekerja sekitar 2 jam dengan rpm 1000-1100 maka air pendingin lagi-lagi menyembur seperti semula.
mohon bantuannya pak…
1. apa penyebab terjadinya semburan air dan kenapa cepat sekali temperatur naik dengan rpm segitu sedangkan air pembuangan lancar?
2. bagaimana tidakan terbaik untuk mengatasi trouble tersebut, sehingga semua itu bisa teratasi dan suhu temperatur engine menjadi normal?
mohon pencerahan nya pak. terimakasih
SukaSuka
1. sebabnya temperatur panas, kemungkinan besar thermostatnya tidak bekerja.
2. pastikan thermostatnya bekerja, karena cooler ok, pompa pendingin ok, apa lagi kalau bukan thermostatnya.
test lah thermostatnya, direbus misalnya. kalau menutup berarti bekerja, kalau enggak berarti rusak.
3. kalau yang terjadi pada kedua mesin, dan thermostat tidak apa-apa, berarti pendingin tidak bekerja, barangkali tersumbat di sea-cest-nya.
salam
SukaSuka
Mas irawan…sepele aja mas. buka thermo valve, kemungkinan kotor/ lengket bisa jadi rusak, bisa di test dengan air panas. Sistem kerjanya kan sederhana..
SukaSuka
mau tanya bass, penyebab air cooler cpt panas n menyembur pada rpm 1000-1100 pada mesin caterpillar. teimakasih
SukaSuka
mesti tanya ke caterpillar kenapa bisa begitu
SukaSuka
terimakasih bass informasinya.
tapi thrmostat jg ok bass, tapi air tetap menyembur pd rpm 1000
apakah ada kemungkinan lain bass?
SukaSuka
mesti cek fisik;
susah
diurut lagi kenapa bisa begitu
putaran besar berarti mesin panas
mesin panas, perlu pendingin
saat putaran 1000rpm, pendingin sudah tidak mampu lagi
ada semburan…
kalau nanti sudah ketemu, kasih tahu juga disini ya?
SukaSuka
bagaimana cara menghitung pemakaian silider oil pada mesin induk dan pemakaian oli sistem pada mesin induk?
SukaSuka
Bas, rumus dasar perhitungan bahan bakar solar saat kapal standby dan saat kapal berlayar apa ya?
SukaSuka
Rumus dasar perhitungan bahan bakar solar saat kapal standby dan saat kapal berlayar apa ya bas?
SukaSuka
Kalau kapal stand by hanya genset yang menyala maka hitungannyavadalah fuel consumption untuk genset saja. Misalnya 200liter per hari.
SukaSuka
Selamat sore Pak,
Saya mau bertanya bagaimana cara menentukan Fuel Consumption per daynya dari Tug Boat dengan kekuatan 1600 HP?
Apakah ada perhitungan matematisnya? atau rata2 dilakukan dengan metode sounding?
Terima kasih Pak sudah mau berbagi ilmu
Salam Sukses selalu
SukaSuka
masing masing mesin berbeda beda.
fuel consumption juga tergantung dengan RPM mesin
semakin tinggi kita jalankan RPM mesin, maka semakin banyak BBM yang diperlukan.
Perhitungan Matematis hanya sebagai rujukan.
Konfiirmasinya adalah dengan Tank Sounding.
Baru setelah itu Mas Alvin bisa bakukan jika pengamatannya dirasa sudah cukup dan mewakili.
SukaSuka
Terima kasih atas informasinya pak.. jadi informasi yang bermanfaat buat kita.. Salam Sukses
SukaSuka
Berapa kalau dikonversikan km/liter/ton per masing-masing HP?
terima kasih
SukaSuka
selamat malam pak.
saya mau tanya bagaiman rumus dasar perhitungan bahan bakar bensin untuk mesin tempel?. Thx.
SukaSuka
wah susah kalau tidak ada informasinya
masing masing merek, dan spec berbeda beda.
diuji saja dulu dan dicatat.
SukaSuka
bass rumus menghitung pemakaian bahan bakar perliter dalam waktu 1 jam gimna ya ?
SukaSuka
selamat siang mas, mas saya mau tanya kalau di ketahui kebutuhan bahan bakar 50 liter setiap berlayar dan ingin mengetahui berat bahan bakarnya bagaimana mas?
SukaSuka
Berat Bahan Bakar = [Berat Jenis Bahan Bakar] x 50 liter
SukaSuka
selamat malam bas burhan
mau nanya ni , gimana menghitung konsumsi pelumasan
mksi mas
SukaSuka
bas kalo fuel oil consumptionnya 207 gr/kW hr diubah ke liter/hr gimana bas?
SukaSuka
Numpang jualan…
Bagi rekan rekan yg membutuhkan solar kapal/industri utk wilayah semarang..bs kontak saya, ini legal/resmi
Terima kasih
Salam
Hermen Tri
SukaSuka
Bas bisa minta tlong hitungkan pemakaian mesin ku. Mesin caterpilar dengan ukuran 470 kw x 2, tahun 2000,rpm yg saya pakai 1050 dan rpm maksimum 1380 berapa ketemunya pemakaian perjam?
SukaSuka
mohon pencerahannya senior…saya newbi mw nanya….kalau mesin kpl HP 2×825, rpm yg digunakan 1000rpm….umur mesin udah 8tn…cara ngitung pemakaian per/jam gimana senior….
SukaSuka
mohon bantuanya senior gmn caranya hitung pemakaian perjam mesin 2×829 yanmar mesin thun 2009
SukaSuka
Selamat malam bass,,
minta tolong bantuan ya,, bagai mna rumus untuk menghitung pemakaian minyak per jam dengan mesin 1600 hp. rpm max 1650 rpm 1000,
SukaSuka
Salam Bpk” Captain
PT. KCP Siap supply ke ;
INDUSTRI, TAMBANG ,KAPAL, MALL, HOTEL, GEDUNG, RS. dll semua pengguna solar
Produk : HSD PT. Pertamina (persero)
Periode : 01-15 December 2016
Wilayah : se Indonesia
Kondisi : Darat – Kapal
Quantity : Minimal 5 KL
Harga : Rp 7500,-/ltr (harga dasar)
( tergantung wilayah )&(pembayaranya) COD,CBD,SKBDN,BLKFUN
Anda senang , kami pun senang
Order & Info: 081281377626
083875113505
Terimakasih
Eddy
SukaSuka
Terima kasih bas udh di izinkan bergabung
SukaSuka
ijin gabung n share ilmu pak
SukaSuka
Maaf pak mau nanya γdo = 0,85 ton/m3 itu maksudnya apa ya datanya dari mana? terus cara menentukan brp KW/HP mesin main dan aux nya sementara data yang tertera total KW/HP seluruh mesinnya misal 780HP
SukaSuka
slm kenal pal..
mau nanya..
untuk perhitungan bunker BBm kapal dengan density lama dengan density baru muat.
bagaimana rumus total bahan bakar dlm MT
SukaSuka
Selamat Malam Bass
Bagaimana dengan perhitungan dengan cara sounding ullage untuk bahan bakar fo dan adakah rumusnya dan contoh hitungannya .
terimah kasih
SukaSuka
Vae = 0,0039 x 0,85
= 0,0046 m3 atau = 4,6 Liter
kalo di kalkulator hasilnya 0,003315
lalu 0,0046 m3 di dapat dari mana pak
SukaSuka
pak saya mau konsultasi mengenai ilmu pelayaran apa bisa? di info saja fee untuk ilmunya, terima kasih sebelumnya
SukaSuka
boleh, namun saya tidak tahu banyak
SukaSuka
Untu kapal mesin 350×2 cat dgn rpm 1000
SukaSuka
selamat pagi Bas
mau nanya nie kalau mesin 1000ps
rpm 240 langsung dari meker dan tertera di nemplat engine
kira kira pemakain perjam nya berapa ya bas
thanks
klu bisa dengan rumus yang simple aja
SukaSuka
M/E AKASAKA
SukaSuka
Bas mau tanya, mesin Yanmar 1100×2
Putran mesin 1200-1500rpm
Gmna cara mengetahui konsumsi BB/jam
Thnks….
SukaSuka
Bas mau nanya, mesin Yanmar 2200
Putran mesin 1200-1500
Mesin tahun 2007
Consum BB/jam brpa?
SukaSuka
Untuk pemakaian bbm kapal tug boat assist tug mesin cat 350×2 rpm 1000
SukaSuka
pak saya may tanya mengenai EPK/H baru = 0.140 kg & EPK/H lama = 0.160 kg.
itu bokeh saya tau referensi Nya dari mana?
SukaSuka
Dari Lecture on ship design and ship theory, Herald Peolhs
SukaSuka