Produk yang dibuat
Produk yang dibuat

Alhamdulillah, dengan susah payah akhirnya selesai sudah pengorbanan harus masuk kuliah hari sabtu-minggu, bertengkar dengan keluarga (dimana anak-anak komplain atas sedikitnya waktu untuk bermain), dimana laporan akhir Praktikum APK-1 bisa selesai sesuai dengan jadwal. Meskipun masih banyak kekurangan, namun dari praktikum ini akhirnya jadi tahu bagaimana membuat peta peta‐peta kerja, mengumpulkan data yang didapat dari pengukuran‐pengukuran waktu k erja dalam pembuatan sebuah produk truck mainan. Merancang dan memperbaiki sistem kerja serta memperbaiki waktu kerja yang ada,  mengetahui proses pengukuran dengan menggunakan waktu baku, menganalisis serta memperbaiki cara kerja dengan menggunakan cara studi gerakan dan pronsip ekonomi gerakan. Mempelajari dan mampu memilah pekerjaan atas elemen‐elemennya berdasarkan konsep SMED. Mempelajari dan mampu merancang serta mengimplementasikan alat bantu sederhana yang dapat meminimasi waktu produksi.  Mengetahui dan dapat membuktikan manfaat perbaikan kerja. Mempelajari dan mampu melakukan pengukuran waktu siklus operasi dengan menggunakan stopwatch. Mempelajari dan mampu menentukan faktor penyesuaian dan kelonggaran dalam menetapkan waktu baku proses pekerjaan. Mempelajari dan mampu membuat formulasi data waktu baku.  Bagi yang ingin mengambil sebagai referensi Tugas Praktikum Mata Kuliah – Analisa & Pengukuran Kerja, silahkan saja, dan mudah mudahan bermanfaat.

Studi Pendahuluan

Studi pendahuluan ini dilakukan dalam dua tahap yaitu studi pustaka dengan membaca buku-buku yang berkaitan dengan permasalahan dan yang kedua yaitu studi lapangan dengan mengamati langsung data-data pada kegiatan pembuatan truck mainan di Laboratorium Analisis dan Perancangan Kerja.

Identifikasi Masalah

Masalah yang akan diidentifikasikan dari data-data dengan melakukan pengukuran waktu kerja menggunakan jam henti untuk mengetahui waktu-waktu siklus dari setiap komponen melalui masing-masing stasiun. Dari data-data tersebut lalu akan diolah dengan metode pengolahan data yaitu dengan peta-peta kerja. Kemudian masalah diidentifikasikan untuk melakukan pengukuran waktu kerja dengan menggunakan jam henti untuk menghitung waktu baku.

Pengumpulan Data

Setelah melakukan pengukuran waktu kerja dengan menggunakan jam henti kemudian data hasil pengukuran dikumpulkan tiap komponen yang dibuat per stasiun. Dimana data waktu yang diambil hanya untuk komponen atap dari truck mainan.

Pengolahan Data

Langkah selanjutnya data-data tersebut diolah kedalam peta-peta kerja yang dibagi menjadi dua bentuk yaitu:

Peta kerja keseluruhan, terdiri dari :

  • Peta Proses Operasi (PPO)
  • Peta Aliran Proses (PAP)
  • Peta Regu Kerja (PRK)
  • Diagram Alir
  • Assambly Chart.

Setelah melakukan pengukuran waktu kerja dengan menggunakan jam henti kemudian data hasil pengukuran dikumpul lalu data-data dikelompokkan menjadi beberapa subgrup dan kemudian dilakukan pengolahan dengan tahap–tahap sebagai berikut:

  • Menghitung harga rata-rata subgrupnya, standar deviasi dari distribusi harga rata-rata subgrup
  • Mencari keseragaman data. Dalam uji keseragaman data ini, pengujian dilakukan untuk melihat apakah rata-rata subgrup sudah seragam atau belum. Jika rata-rata subgrup belum seragam maka data-data dikelompokkan kembali dengan membuang subgrup yang tidak seragam dan jika rata-rata subgrup sudah seragam maka perhitungan dilanjutkan ke langkah selanjutnya.
  • Menghitung Kecukupan Data. Perhitungan ini dilakukan untuk mengetahui apakah data sudah cukup atau belum. Dimana bila data belum cukup maka dilakukan pengukuran lagi serta dilakukan pula urut-urutan kerja yang sama seperti tahap pertama. Namun bila sudah cukup maka dilanjutkan ke langkah selanjutnya. Adapun rumus kecukupan data untuk tingkat ketelitian 10 % dan tingkat keyakinan 99%.
  • Menghitung waktu siklus rata-rata.
  • Menghitung waktu normal.
  • Menghitung waktu baku.

Analisis Data

Setelah data diolah maka data tersebut dianalisis dengan melihat kesulitan-kesulitan pengerjaan serta banyak waktu setiap melakukan pekerjaan. Beberapa waktu siklus, waktu normal dan waktu baku yang terbaik dari ketiga cara penyesuaian Data yang sudah dianalisis dapat diambil kesimpulan dan memberikan saran baik pada pekerja yang melakukan pekerjaan, maupun pada saat penulisan laporan.

Kesimpulan dan Saran

Pada tahap ini, data yang sudah dianalisis dapat diambil kesimpulan dari pengolahan data yang telah dilakukan. Disamping itu akan dipaparkan saran-saran yang sekiranya dapat diberikan dalam pada pekerja yang melakukan pekerjaan, maupun pada saat penulisan laporan.

Silahkan Download disini:

DAFTAR PUSTAKA

Sutalaksana, Iftikar Z, Teknik Tata Cara Kerja, Penerbit Jurusan Teknik Industri ITB, tahun 1979.
Hari, Purnomo, Pengantar Teknik Industri, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta, tahun 2003
Ralph M. Barnes, Motion and Time Study – Design & Measurement of Work, 7th Edition, John Wiley & Sons, Singapore, 1980