Persaingan yang sangat ketat di dunia bisnis menuntut para pelakunya memiliki kreatifitas dan inovasi. Kreatifitas dan inovasi telah menjadi salah satu strategi kompetitif baik pada UMKM maupun perusahaan yang sudah go public. Jika para pelaku usaha tidak berusaha menjadi diri yang kreatif dan inovatif, usahanya hampir dapat dipastikan akan tergerus persaingan pasar. Berbagai pihak berpendapat bahwa “kreativitas manusia adalah sumber daya ekonomi utama” dan bahwa “industri abad kedua puluh satu akan tergantung pada produksi pengetahuan melalui kreativitas dan inovasi. Hal inilah yang mendorong Pemerintah untuk merumuskan arah dan kebijakan industri kreatif secara nasional.

E-Commerce 2012

Industri kreatif dipandang semakin penting dalam mendukung kesejahteraan dalam perekonomian. Hasil studi pemetaan Industri kreatif menunjukkan bahwa industri kreatif di Indonesia memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan dalam hal kontribusi PDB, penyerapan tenaga kerja, kontribusi ekspor dan jumlah perusahaan yang terlibat. Hasil ini memberikan optimisme bahwa industri kreatif dapat dijadikan sebagai salah satu industri yang strategis untuk menjawab permasalahan dasar jangka pendek dan menengah: (1) relatif rendahnya pertumbuhan ekonomi pasca krisis (rata-rata hanya 4,5% per tahun); (2) masih tingginya pengangguran (9-10%), tingginya tingkat kemiskinan (16-17%), dan (4) rendahnya daya saing industri di Indonesia. Ada 14 subsektor Industri kreatif yang menjadi fokus pengembangan oleh Pemerintah hingga tahun 2025 adalah meliputi: periklanan; arsitektur; pasar barang seni; kerajinan; design; fesyen; video, film dan fotografi; permainan interaktif; musik; seni pertunjukan; penerbitan dan percetakan; layanan komputer dan piranti lunak; televisi dan radio; dan riset dan pengembangan.

Selain Kreatifitas dan Inovasi dalam penciptaan competitive advantage UMKM dan perusahaan dalam persaingan global, hal yang tak kalah penting yang juga dapat menjadi salah satu strategi dalam memenangkan persaingan adalah melalui pemanfaatan teknologi informasi dan e-commerce. Industri kreatif tidak hanya terfokus pada proses produksi dan pengembangan kreatifitas dan inovasi masyarakat dalam menumbuhkan kembangkan industri kreatif di indonesia namun hal yang tak kalah penting adalah sebuah konsep pemasaran untuk memperluas jaringan distribusi produk melalui sebuah sistem informasi yang dapat diakses oleh semua kalangan. Penggunaan Teknologi Informasi (TI) menjadi kebutuhan yang sangat mendesak bagi perusahaan apalagi yang ingin memperluas pasarnya baik pada pasar domestik maupun ke pasar international.

Membangun Market Share Industri Kreatif Nasional melalui Media Online”

Pemesanan, pengiriman, dan pembelian barang saat ini tidak lagi mutlak disediakan secara fisik, hal tersebut dapat terjadi di ”dunia maya” melalui jaringan internet. Selain lebih efisien, penggunaan jaringan internet dapat lebih cepat dan murah. Implementasi Teknologi informasi yang banyak digunakan oleh perusahaan terutama dalam bentuk,call center, penggunaan ATM, transaksi pembayaran rekening listrik, telepon dan air. Semuanya hal tersebut dapat menfasilitasi konsumen lebih mudah dalam bertransaksi. Semakin tinggi kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi melalui TI, semakin tinggi tingkat loyalitas pelanggan pada perusahaan sehingga profit perusahaan juga akan semakin meningkat.

Oleh karena itu, Dalam rangka mendukung kegiatan untuk kemajuan dan keberhasilan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi dalam menumbuhkan kembangkan industri kreatif nasional, Jurusan Teknik Industri menawarkan sebuah program untuk menjawab tantangan UMKM di era persaingan global tersebut melalui sebuah event yang dikemas dalam satu rangkaian acara “Industrial Engineering Day dan Lomba Marketing Online 2012”.

Tujuan Lomba

  1. Memberikan Gambaran Umum mengenai Urgensi Pengembangan Industri Kreatif secara nasional.
  2. Menumbuhkan kreatifitas dan Inovasi mahasiswa dalam pemasaran berbasis online.
  3. Menciptakan solusi alternatif bagi pengembangan dan perluasan market share UMKM.
  4. Menciptakan iklim yang kondusif antara universitas, industri dan pemerintah untuk dapat bekerja sama menghasilkan suatu solusi dalam memecahkan suatu permasalahan dalam bidang pemasaran
  5. Sebagai media untuk berbagi dan memperluas ilmu pengetahuan dalam bidang Pemasaran berbasis online
  6. Menjadikan universitas sebagai embrio dari lahirnya para marketer-marketer yang ulung dalam bidang marketing online
  7. Membentuk Mahasiswa sebagai masyarakat yang berwawasan luas dan memiliki daya kritis dan tanggap akan permasalahan-permasalahan dunia Industri terutama dalam pemasaran online pada industri jasa maupun manufaktur
  8. Memberikan kontribusi pada perkembangan industri di Indonesia

Dengan mengikuti Lomba Marketing Online, peserta mendapat berbagai manfaat antara lain:

1. Peserta dapat merancang website yang berbasis kebutuhan pelanggan
2. Peserta mempunyai pengalaman baru dalam berkompetisi di tingkat nasional
3. Peserta dapat menjalin jaringan yang kuat untuk bersama saling membangun
4. Peserta dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan website yang telah dirancang
5. Semua peserta berpeluang mendapatkan prestasi Juara Kompetisi Lomba Website

Time Schedule Lomba Marketing Online 2012

Acara

Waktu

Keterangan

Publikasi Lomba Marketing Online 2012

24 September 2012 – 27 Oktober 2012

Publikasi melalui web,spanduk, poster, pamflet flier, dll

Registrasi Peserta Tahap I

1 Oktober 2012 –  13 Oktober 2012

Biaya Registrasi Rp. 200.000/tim

Registrasi Peserta Tahap II

14 Oktober 2012 – 27 Oktober 2012

Biaya Registrasi Rp. 300.000/tim

Pengumuman Hasil Seleksi

5 November2012 – 6November 2012

Tim Juri

Pelaksanaan Lomba

13 November 2012

Panitia

http://e-commerce.ft-untirta.ac.id

Hadiah Para Juara – Hadiah Para Juara

Juara I
1. Mendapatkan Trofi Piala Juara I Lomba Marketing Online Nasional
2. Mendapatkan Dana Pembinaan Sebesar Rp. 3.000.000,-
3. Piagam Penghargaan

Juara II
1. Mendapatkan Trofi Piala Juara II Lomba Marketing Online Nasional
2. Mendapatkan Dana Pembinaan Sebesar Rp. 2.000.000,-
3. Piagam Penghargaan

Juara III
1. Mendapatkan Trofi Piala III Lomba Marketing Online Nasional
2. Mendapatkan Dana Pembinaan Sebesar Rp. 1.500.000,-
3. Piagam Penghargaan

HADIAH UNTUK YANG MASUK 5 BESAR
1. Biaya Pendaftaran akan dikembalikan
2. Mendapatkan Sertifikat Penghargaan

Sekretariat Panitia
Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Jenderal Sudirman KM.3, Cilegon 42435
Phone. (0254) 395502,372261, Fax. (0254) 395502
HP. 08567655191 (Deni), 0857818082 (Sri Wahyuningsih)

Tim Juri Undangan :
Asosiasi Industri Web Indonesia (AIWI)
Kementerian Perindustrian RI
Direktur Pusdainfo Untirta

Anggota Tim Juri :
Hadi Setiawan, ST., MT
Lely Herlina, ST., MT
Putiri B. Katili, Dra., MT.
Shanti Kirana, SP., MT
Ratna Ekawati, ST., MT
Putro Ferro Ferdinant, ST., MT

Syarat Peserta

  • Mahasiswa Jurusan Teknik Industri Seluruh Indonesia
  • Tema Umum Rancangan Website yaitu “Indonesian Culture”
  • 1 Tim terdiri dari 3 Mahasiswa (1 Ketua, 2 anggota)
  • Melakukan Registrasi mengisi form pendaftaran manual
  • Mengirimkan Proposal Rancangan Web yang akan dilombakan.
  • Biaya Pendaftaran bagi Peserta untuk Registrasi Tahap I Sebesar Rp. 200.000/tim dan untuk registrasi Tahap II sebesar Rp. 300.000/tim
  • Mengirimkan Form Pendaftaran, Proposal Rancangan Web, dan Bukti Pembayaran ke sirajuddin@ft-untirta.ac.id

Cara Pendaftaran

  • Peserta mengisi form pendaftaran yang dapat di download DISINI
  • Peserta mengirimkan biaya pendaftaran ke Rek Mandiri No. 1020005457145 a.n sirajuddin
  • Peserta mengirimkan Proposal Design Web beserta contentnya, yang terdiri dari:
  • Bagian I ; Sampul, pernyataan orisinalitas, daftar isi, daftar lampiran
  • Bagian II : Latar Belakang, Tema Website, Analisa Kebutuhan Tampilan Web
  • Bagian III : Design Web, Content Web, Mekanisme Transaksi
  • Bagian IV : Analisa Performansi Website
  • Bagian V : Penutup
  • Seleksi Tahap I dan Tahap II bersifat Seleksi Sistem Gugur dengan melihat proposal website peserta dan rancangannya
  • Tim Juri melakukan seleksi dan menentukan tim peserta yang layak melanjutkan kompetisi selanjutnya.
  • Tim Juri mengumumkan 5 Tim (Peserta) yang layak mengikuti Kompetisi selanjutnya untuk memperebutkan Trofi Juara.

Catatan Penting :
Form Pendaftaran, Bukti Pembayaran, dan Proposal Design Web dikirim secara bersamaan ke email: sirajuddin@ft-untirta.ac.id