€œTeknologi berasal dari istilah teckne yang berarti seni (art) atau keterampilan (skill). Menurut Dictionary of science, teknologi adalah penerapan pengetahuan teoritis pada masalah-masalah praktis. Untuk membatasi pengertian teknologi yang luas, maka pengertian teknologi dapat dikelompokkan sebagai berikut:

a. Teknologi sebagai barang buatan.
Manusia pada dasarnya lemah, sehingga ia menciptakan alat berupa barang-barang buatan untuk memperpanjang organ tubuh sehingga pekerjaan lebih mudah untuk dilaksanakan. Barang-barang buatan itu tidak hanya menunjukkan kemampuan indrawi manusia, melainkan lebih mencerminkan kemampuan pikiran untuk menciptakan dan merancang segala hal yang sebelumnya tidak ada.

b. Teknologi sebagai kegiatan manusia
Kegiatan manusia pada pokoknya dapat dibedakan dalam dua jenis, yaitu kegiatan membuat dan menggunakan. Membuat adalah kegiatan merancang dan menciptakan suatu barang buatan, sedangkan menggunakan adalah melakukan suatu kegiatan sesuai fungsi suatu barangbuatan yang telah dibuat.

c. Teknologi sebagai kumpulan pengetahuan
Pengetahuan dipelajari manusia baik dari pengalaman sendiri maupun dari sumber lain, untuk dapat melakukan kegiatan yang merupakan teknologi .Menurut Mario Bunge ada 4 ragam teknologi sebagai pengetahuan, yaitu:

  • Keterampilan gerak indrawi yang tak disadari
  • Aturan-aturan dan karya yang pra ilmiah
  • Pernyataan-pernyataan aturan pragmatis
  • Teori-teori teknologi.

d. Teknologi sebagai kebulatan system
Pembahasan yang bulat dan menyeluruh akan tercapai kalau teknologid itinjau sebagai suatu system. Ini berarti teknologi dibahas sebagai suatu kebulatan unsur-unsur yang saling berkaitan dan bertalian timbal-balik dengan lingkungan sekelilingnya. Lingkungan teknis mempunyai 6 ciri:

  1. Bersifat buatan.
  2. Bersifat otonom dalam kaitan dengan nilai, gagasan dan negara.
  3. Menentukan diri sendiri dalam suatu lingkaran tertutup yang bebascampur tangan manusia.
  4. Lingkungan tumbuh menurut proses sebab akibat tetapi tidak terarahpada tujuan-tujuan.
  5. Dibentuk oleh pembinaan sarana-sarana yang menentukan keunggulandiatas tujuan-tujuan.
  6. Saling melibatkan antara bagian-bagiannya sampai suatu taraf yang tidak memungkinkan untuk memisahkannya atau menyelesaikan suatu persoalan teknis secara terpisah-pisah.

Memahami teknologi tidak dapat dipisahkan dari memahami ilmu pengetahuan alam (nature science™) dan rekayasa (engineering€™). Ilmu pengetahuan alam (IPA) adalah input bagi proses rekayasa (PR); teknologi adalah hasil (output€™) proses rekayasa tersebut.

Di antara ketiganya, IPA menggunakan lambang-lambang komunikasi (bahasa ilimiah) yang paling pasti/eksak (matematika, fisika , kimia, biologi, dll) sehingga kemungkinan untuk disalah-mengerti kecil sekali. Penggunanya adalah para ilmuwan dan insinyur. Proses rekayasa sudah barang tentu menggunakan lambang-lambang yang digunakan dalam IPA, tetapi PR juga menggunakan bahasa-bahasa yang digunakan dalam ilmu-ilmu sosial dan ekonomi, sehingga PR adalah wilayah keilmuan yang berada pada irisan (intersection€™) keduanya; yaitu, PR menggunakan sekaligus bahasa eksak dan non-eksak.

Teknologi, karena fungsinya yaitu untuk menolong manusia dalam memenuhi keinginan/kebutuhannya maupun dalam pekerjaannya, menggunakan bahasa yang kurang eksak. Sebab, bahasa eksak kurang/tidak dimengerti (bahkan tidak komunikatif) oleh pengguna-pengguna teknologi, yang kebanyakan adalah orang awam.

Adapun definisi teknologi, adalah segala sesuatu (produk, alat, proses, material, manajemen) yang meningkatkan secara signifikan usaha/kinerja manusia, atau segala sesuatu (produk, alat, proses, material, manajemen) yang digunakan manusia untuk mencapai tujuannya, dan untuk memenuhi keinginan/kebutuhannya dengan lebih mudah, lebih efisien, dan lebih efektif.

Berdasarkan pengertian di atas, maka ada banyak sekali ragam dan jenis teknologi. Bahkan, sebuah buku (yang menjadi salah satu buku referensi kuliah ini) diberi judul oleh pengarangnya, The Man-Made World; yang terjemahannya, Dunia Ciptaan Manusia. Rupanya, dalam kacamata Pengarang, manusia, sekarang ini, tidak hanya sekedar tinggal di dalam alam/bumi ciptaan Tuhan semata, tetapi juga sekaligus tinggal di dalam alam teknologi ciptaan manusia. Apa artinya? Itu artinya, manusia tidak dapat lagi dipisahkan dengan teknologi, manusia memerlukan teknologi dalam seluruh aspek kehidupannya, dan teknologi menjadi €˜tempat dan lingkungan€™ hidup (habitat) manusia.

Teknologi akan memberikan pengaruh pada, dan menentukan kelangsungan hidup, manusia; sebaliknya, juga, manusia akan mempengaruhi perkembangan dan kemajuan teknologi. (wallahu a’lam)