Sebuah kesempatan baik terbuka bagi Anda yang tertarik memperdalam pengetahuan tentang entrepreneurship. Pasti sudah pernah mendengar Silicon Valley, yang terkenal sebagai tempat berkumpulnya perusahaan teknologi yang semula kecil, kemudian mendunia. Salah satu contohnya adalah Facebook. Tak sedikit ahli teknologi di Indonesia yang ingin bergabung dengan perusahaan-perusahaan di Silicon Valley atau menjadikan Silicon Valley sebagai contoh untuk pembelajaran. Bagaimana rasanya jika bisa belajar mengenai entrepreneurship langsung di Silicon Valley?

Stanford University, salah satu universitas ternama di Amerika Serikat yang terletak di Palo Alo, California (kota yang terletak di daerah Silicon Valley), akan mengadakan ASES Summit, pada 8 hingga 14 April 2012 mendatang.

ASES Summit merupakan acara yang mempertemukan mahasiswa dari seluruh dunia, yang tertarik mengenai dunia entrepreneurship untuk mengikuti seminar, diksusi, membentuk tim startup, hingga mendapat kesempatan pitching di depan Venture Capital. Peserta ASES Summit juga mendapatkan kesempatan untuk mendatangi perusahaan-perusahaan teknologi di Silicon Valley. Berminat?

Pendaftaran dan kesempatan beasiswa dari Stanford University

Pendaftaran untuk mengikuti ASES Summit dikenakan biaya 500 dollar AS. Seluruh akomodasi, seperti biaya tiket pesawat, makan, tempat tinggal, ditanggung sendiri oleh peserta, diluar biaya pendaftaran. Namun, Stanford University memberikan program beasiswa bagi mahasiswa Indonesia yang terpilih, untuk bebas biaya akomodasi.

Caranya mudah, yakni isi formulir pendaftaran yang bisa diakses melalui link berikut :

http://stanfordases.wufoo.com/forms/ases-summit-2012-application-due-jan-2-2012/

Pendaftaran sudah bisa dilakukan mulai hari ini, 21 Desember 2011 hingga 2 Januari 2012.

Bagi yang berminat mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa tersebut, kesempatan dibuka mulai 20 Januari 2012. Pengumuman siapa yang berhak mengikuti ASES Summit akan dipublikasikan awal Februari 2012.

Pengumuman terbagi menjadi dua, yakni nama-nama mahasiswa yang berhak mengikuti ASES Summit tanpa biaya (hanya membayar pendaftaran 500 dollar AS) dan nama-nama mahasiswa yang berhak mengikuti ASES Summit dengan biaya sendiri (membayar pendaftaran 500 dollar AS dan harus mempersiapkan sendiri tiket pesawat,  makan, dan tempat tinggal).

Keterangan lebih lanjut bisa buka website Stanford Summit di link berikut :http://www.stanford.edu/group/asessummit/2012/index.html atau mengirimkan e-mail ke ases.summit2012@gmail.com.

Untuk mempromosikan program ini, perwakilan Stanford University telah mengunjungi Universitas Bina Nusantara (Jakarta) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Bagi mahasiswa yang berdomisili di Jakarta, bisa berkonsultasi dengan perwakilan Stanford University pada acara sharing session di @america Pacific Place, SCBD, Jakarta, tanggal 7 Januari 2012 pukul 13.00 WIB.

Selamat mencoba!