Hari ini kami bersama-sama 25 mahasiswa Universitas Borobudur khususnya dari Fakultas Teknologi Industri dan diantar oleh para dosen Teknik Industri mengunjungi tempat produksi AHM (Astra Honda Motor) di kawasan industri MM2100 Cikarang dengan menggunakan bis.  Kunjungan ini merupakan upaya untuk memperlihatkan kepada mahasiswa tentang bentuk nyata teori yang dipraktekkan dalam sebuah industri sepeda motor.

DR.Ir. Masykur, MSP

Sebelum memulai perjalanan tur keliling (plant tour), Corporate Communication PT. AHM, Bapak Ali Hendi Arifin memberikan sedikit informasi tentang sejarah  sepeda motor Honda di Indonesia. Penjelasan diberikan ringkas dan sarat dengan info perihal Honda yang berlangsung di ruang auditorium PT. AHM Plant 3 Cikarang,  diawali dengan kesan-kesan Dekan FTI bapak DR. Ir. Masykur MSP tentang motor honda pertamanya. Di tempat inilah PT. AHM memproduksi sepeda motor Honda berbagai Jenis yang selanjutnya didistribusikan keseluruh Indonesia.

Plant 3 Cikarang merupakan bagian dari beberapa tempat produksi yang dimiliki AHM. Dua tempat produksi lainnya yaitu  Plant 1 yang juga menjadi kantor pusat berada di Sunter, Jakarta Utara dan Plant 2 yang memproduksi motor jenis sport berada di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Hingga kini telah ada 3 tempat produksi yang dimiliki dengan jumlah pekerja sebanyak 16.000 orang. Seperti yang ditegaskan oleh Pak Ali Arifin, AHM juga akan menambah jumlah pegawai karena makin tingginya permintaan masyarakat akan motor yang cenderung naik setiap tahun.

Disini kita menjadi saksi proses produksi sepeda motor Honda di pabrik AHM Cikrang. Semua proses dilakukan secara sistematis sesuai urutannya, mulai dari pembuatan bagian-bagian komponen mesin, lalu dirakit menjadi satu set mesin, kemudian plat-plat baja dan besi dirangkai hingga menjadi rangka, sampai pada tahapan pembuatan ban, cover body, hingga piranti-piranti lain seperti lampu-lampu dan sebagainya.

Dan dalam seluruh tahapan itu hanya dibutuhkan waktu 20 detik untuk jadi satu sepeda motor yang lengkap dan siap jalan. Disini bisa dibayangkan berapa yang bisa diproduksi AHM tiap hari, tiap minggu, tiap bulan maupun tiap tahun. Sebagai catatan di pabrik AHM Cikarang ini memiliki kapasitas produksi 6.600 unit sehari.  Itu untuk produksi di pabrik seluas 20 hektar di MM2100 saja, padahal AHM punya dua pabrik lainnya di Sunter dan Pegangsaan Dua. Untuk yang Cikarang ini khusus untuk bebek dan skutik, seperti Absolute Revo, Vario dan BEAT, kalau yang di Pegangsaan Dua Kelapa Gading itu untuk motor sportnya, seperti Mega Pro dan Tiger. Dengan 3 pabrik berkapasitas produksi raksasa itu, makanya tak heran AHM sempat mampu mencetak rekor MURI sebagai pabrikan motor yang mampu memproduksi terbanyak dalam satu tahun.

Pembuatan motor di Honda sangat cepat, hanya butuh waktu 18 – 22 detik saja untuk merakit komponen-komponen sederhana menjadi satu unit motor, atau rata rata 20 detik per 1 line produksi. Karena itulah tidak heran bila selama labih dari 30 tahun kiprahnya di Indonesia, Honda telah menghasilkan puluhan juta motor.

Sebagai agenda terakhir, seluruh mahasiswa dan dosen diantar berkeliling melihat langsung proses pembuatan sepeda motor Honda oleh Bapak Samuel Aldi. Mulai dari pemasangan spare part hingga proses pengetesan motor yang telah jadi. Yang menarik adalah lingkungan kerja pabriknya terlihat bersih & nyaman, tidak ada kesan kotor dan gersang. Apalagi terlalu banyak menyetok barang di gudang atau open area.

Setelah berkeliling dilanjutkan mencicipi hidangan snack sederhana sebelum dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kesempatan pertama diberikan kepada Bapak Ir. Djauhar Arifin, MBA tentang konsep tepat waktu (just in time) yang diberlakukan di AHM dan upaya dalam sistem pengendalian produksi di AHM. Ada juga informasi bahwa semua motor yang dihasilkan oleh Honda adalah hasil dari survey yang sangat panjang mengenai karakter, perilaku hingga kemampuan masyarakat Indonesia sebagai salah satu alternatif/solusi dalam transportasi. Jadi, motor yang di produksi oleh Honda adalah hasil output dari survey tersebut.

Meski berlangsung singkat, kunjungan tersebut dapat memberikan pemahaman baru bagi siapa saja yang berkunjung kesana (khususnya kami mahasiswa) tentang produk Honda. Penjagaan kualitas yang ketat, hingga dedikasi yang tinggi untuk memproduksi moda transportasi favorit masyarakat tersebut akan membawa sensasi berbeda bagi konsumen. Informasi yang terbuka ini juga akan mampu melahirkan kedekatan yang berbeda antara konsumen dan produsen.

Semoga kunjungan ini ada manfaatnya.