PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) adalah anak perusahaan dari Chevron yang bertugas mengeksplorasi minyak yang ada di Riau. Sebelum diambil alih oleh Chevron, perusahaan ini bernama Caltex Pacific Indonesia dengan lokasi operasi di 4 kota di Riau yaitu; Dumai, Duri, Minas dan Rumbai. CPI juga merupakan perusahaan minyak kontraktor terbesar di Indonesia, dengan produksi sudah mencapai 2 miliar barrel. Pertanyaanya, apakah bisa kita KP atau TA di PT. Chevron Pasific Indonesia? Bagaimana syarat-syaratnya?

Berikut adalah kententuan dan persyaratan administrasi yang harus dipenuhi dan diketahui:

  1. Permohonan sudah harus diterima di PT CPI tiga bulan sebelum jadwal Kerja Praktek (KP) atau Tugas Akhir (TA) yang diinginkan. PT CPI membatasi permohonan untuk masa liburan sekolah (akhir Juni s/d pertengahan Juli, Idul Fitri, dan akhir/awal tahun) karena banyak pembimbing/mentor dan pengelola KP/TA cuti dan/atau menyiapkan laporan tahunan.
  2. Lama Kerja Praktek maksimal satu bulan dan Tugas Akhir dua bulan. Perusahaan memberikan hanya satu kali kesempatan kepada mahasiswa, yaitu KP atau TA. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan kepada lebih banyak mahasiswa.
  3. Pemohon adalah mahasiswa Perguruan Tinggi dengan jenjang studi Strata 1 (S-1) dari jurusan yang telah terakreditasi (dinyatakan dalam surat permohonan). Mahasiswa Diploma-3 (D-3) hanya bagi Perguruan Tinggi dari Riau saja. Satu surat permohonan berlaku untuk dua pemohon KP dari jurusan yang sama. Untuk TA, surat permohonan berlaku hanya untuk satu mahasiswa.

Dokumen yang diperlukan:

  1. Surat Pengantar dari Fakultas, minimal ditanda tangani oleh Ketua Jurusan.
  2. Transkrip Nilai yang asli atau fotokopi yang telah dilegalisir dari semester pertama disertai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), dengan IPK minimal 2.75. Mahasiswa/i harus telah menyelesaikan mata kuliah minimal 90 SKS untuk Kerja Praktek dan 120 SKS untuk Tugas Akhir.
  3. Proposal Kerja Praktek harus mencantumkan topik yang yang jelas. Untuk program Tugas Akhir harus mencantumkan judul yang spesifik dan ditulis oleh masing-masing mahasiswa/i.
  4. Curriculum Vitae (Daftar Riwayat Hidup). Bila ada, mencantumkan E-mail dan nomor HP.
  5. Surat keterangan berbadan sehat dari Rumah Sakit Pemerintah setempat.
  6. Pas-photo berwarna ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 lembar.

Catatan:

  • Point 5 & 7 diperlukan apabila permohonan ybs disetujui. Kedua persyaratan ini diserahkan pada saat melapor ke HR-TSA Rumbai.
  • PT CPI tidak melayani bila permohonan tidak memenuhi persyaratan yang tersebut diatas.

Surat permohonan dikirim kepada:

Bagian KP/TA
HR-Training Service & Administration
Kantor Training CenterPT Chevron Pacific Indonesia Rumbai, Pekanbaru 28271

Harap menuliskan “KP/TA” pada sudut atas amplop.

Lain-lain:

  • Konfirmasi penerimaan KP/TA berdasarkan tersedianya prasarana di Perusahaan dan pembimbing/mentor. Enam puluh persen dari tempat yang tersedia diperuntukkan untuk mahasiswa dari perguruan tinggi di Riau dan Empat puluh persen dari perguruan tinggi di luar Riau.
  • Perusahaan tidak menyediakan fasilitas Komputer/Laptop, E-mail dan akses Internet selama program KP atau TA. Untuk itu, pemohon diharuskan membawa perlengkapannya sendiri.
  • Bila permohonan memenuhi persyaratan, tersedianya prasarana dan mentor, maka surat jawaban akan dikirimkan +1 minggu sebelum tanggal pelaksanaan.

Silahkan mencoba dan semoga sukses!