KP & TA di PT. Chevron Pacific Indonesia?


PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) adalah anak perusahaan dari Chevron yang bertugas mengeksplorasi minyak yang ada di Riau. Sebelum diambil alih oleh Chevron, perusahaan ini bernama Caltex Pacific Indonesia dengan lokasi operasi di 4 kota di Riau yaitu; Dumai, Duri, Minas dan Rumbai. CPI juga merupakan perusahaan minyak kontraktor terbesar di Indonesia, dengan produksi sudah mencapai 2 miliar barrel. Pertanyaanya, apakah bisa kita KP atau TA di PT. Chevron Pasific Indonesia? Bagaimana syarat-syaratnya?

Berikut adalah kententuan dan persyaratan administrasi yang harus dipenuhi dan diketahui:

  1. Permohonan sudah harus diterima di PT CPI tiga bulan sebelum jadwal Kerja Praktek (KP) atau Tugas Akhir (TA) yang diinginkan. PT CPI membatasi permohonan untuk masa liburan sekolah (akhir Juni s/d pertengahan Juli, Idul Fitri, dan akhir/awal tahun) karena banyak pembimbing/mentor dan pengelola KP/TA cuti dan/atau menyiapkan laporan tahunan.
  2. Lama Kerja Praktek maksimal satu bulan dan Tugas Akhir dua bulan. Perusahaan memberikan hanya satu kali kesempatan kepada mahasiswa, yaitu KP atau TA. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan kepada lebih banyak mahasiswa.
  3. Pemohon adalah mahasiswa Perguruan Tinggi dengan jenjang studi Strata 1 (S-1) dari jurusan yang telah terakreditasi (dinyatakan dalam surat permohonan). Mahasiswa Diploma-3 (D-3) hanya bagi Perguruan Tinggi dari Riau saja. Satu surat permohonan berlaku untuk dua pemohon KP dari jurusan yang sama. Untuk TA, surat permohonan berlaku hanya untuk satu mahasiswa.

Dokumen yang diperlukan:

  1. Surat Pengantar dari Fakultas, minimal ditanda tangani oleh Ketua Jurusan.
  2. Transkrip Nilai yang asli atau fotokopi yang telah dilegalisir dari semester pertama disertai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), dengan IPK minimal 2.75. Mahasiswa/i harus telah menyelesaikan mata kuliah minimal 90 SKS untuk Kerja Praktek dan 120 SKS untuk Tugas Akhir.
  3. Proposal Kerja Praktek harus mencantumkan topik yang yang jelas. Untuk program Tugas Akhir harus mencantumkan judul yang spesifik dan ditulis oleh masing-masing mahasiswa/i.
  4. Curriculum Vitae (Daftar Riwayat Hidup). Bila ada, mencantumkan E-mail dan nomor HP.
  5. Surat keterangan berbadan sehat dari Rumah Sakit Pemerintah setempat.
  6. Pas-photo berwarna ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 lembar.

Catatan:

  • Point 5 & 7 diperlukan apabila permohonan ybs disetujui. Kedua persyaratan ini diserahkan pada saat melapor ke HR-TSA Rumbai.
  • PT CPI tidak melayani bila permohonan tidak memenuhi persyaratan yang tersebut diatas.

Surat permohonan dikirim kepada:

Bagian KP/TA
HR-Training Service & Administration
Kantor Training CenterPT Chevron Pacific Indonesia Rumbai, Pekanbaru 28271

Harap menuliskan “KP/TA” pada sudut atas amplop.

Lain-lain:

  • Konfirmasi penerimaan KP/TA berdasarkan tersedianya prasarana di Perusahaan dan pembimbing/mentor. Enam puluh persen dari tempat yang tersedia diperuntukkan untuk mahasiswa dari perguruan tinggi di Riau dan Empat puluh persen dari perguruan tinggi di luar Riau.
  • Perusahaan tidak menyediakan fasilitas Komputer/Laptop, E-mail dan akses Internet selama program KP atau TA. Untuk itu, pemohon diharuskan membawa perlengkapannya sendiri.
  • Bila permohonan memenuhi persyaratan, tersedianya prasarana dan mentor, maka surat jawaban akan dikirimkan +1 minggu sebelum tanggal pelaksanaan.

Silahkan mencoba dan semoga sukses!

Iklan

34 thoughts on “KP & TA di PT. Chevron Pacific Indonesia?

  1. mas, perkenalkan nama saya akbar, mahasiswa tingkat 4 teknik kelautan ITB, saya berencana TA di Chevron
    apa ada alamat email untuk pengiriman proposal TA di chevron?

    Suka

    • Yo Mas Akbar, normal circumstance Bagian KP/TA CPI tidak melakukan komunikasi dengan email, dan diasana ada skala prioritas kedaerahan. Namun untuk konfirmasi silahkan menghubungi Bagian KP/TA – HR Training & Administrasi PT. Chevron Pasific Indonesia di Main Phone : +62 761 944743 . Selamat mencoba, dan semoga sukses!

      Suka

  2. Asslmkm….
    Salam kenal bang Burhanuddin,, saya Azwar..!
    Bang banyak yang bilang chevron riau banyak ngadain beasiswa..!!
    Rencananya saya mau coba masukkan permohonan beasiswa ke chevron…
    Kira2 abang tahu tidak permohonannya itu dikirim kedivisi mana serta alamat lengkapnya…??

    Suka

    • wa’alaikum salam Kang Azwar:
      Memang Chevron atau perusahaan-perusahaan asing (khususnya Oil & Gas) punya program bea-siswa; namun kalau untuk Chveron Indonesia saya masih kurang informasinya. Meski begitu coba hubungi CPI di Riau dulu aja untuk keterangan pendahuluan di (0761) 944743 di bagian Administrasi Chevron atau CSR. Semoga ini dapat membantu dan tetap semangat…!!!

      Suka

  3. Ass..
    pak, saya mau nanya..
    kira-kira keamanan sistem apa yang ada di PT. Chevron..
    mohon bantuannya pak..
    saya kini semstr 7 Jurusan T. informatika di salah satu perguruan tinggi swasta di Garut ingin melaksanakan KP di PT. Chevron..
    saya masih bingung untuk membuat proposalnya, karena belum tau prasarana apa yang ada di PT. Chevron..
    Terima kasih sebelumnya..
    wass

    Suka

    • wa’alaikum salam mbak wati:

      saya bukan orang/karyawan chevron, jadi mohon maaf untuk pertanyaan seperti ini saya tidak berhak menjawab. kalau share tentang system keamaan komputer silahkan, sebab saya juga hobby di bidang teknik informatika :)

      salam.

      Suka

  4. Ass, bang burhan.
    Perkenalkan saya mahasiswa perguruan tinggi swasta di bandung. Bulan kemarin saya sdh mengajukan dan mengirim proposal KP ke PT CPI. Dan saat ini saya sedang menunggu balasan dari pihak perusahaan. Saya ingin bertanya berapa lama pada umumnya akan mendapat balasan? dan balasan tsb dalam bentuk apa? email, surat, atau sbg-ny,.
    thanks bang.

    Suka

  5. assalamu’alaikum
    mas burhan,, perkenalkan saya reza dari mahasiswa teknik mesin ITS,,saat ini saat sudah masuk tingkat akhir kuliah,,dan ada rencana mw ngmbil TA di chevron….yang ingin saya tanyakn adalah , apakah judul TA sudah tersedia di PT.Chevronnya sendiri,atao kita bikin sendiri???,,mhon konfirmasinya mas,,terima kasih..

    Wassalamu’alaikum

    Suka

  6. Assalamu’alaikum
    Salam Kenal Pak dari Syamsudin usia..???
    Saya Mahasiswa Teknik Pertambangan di Universitas Bangka Belitung, sedang berniat mengajukan proposal Kerja Praktek (KP) ke PT.Chevron, yang ingin saya tanyakan:
    1. Berapa lama untuk konfirmasi diterima-nya KP kita?
    2. Bentuk isi dari proposalnya itu seperti apa ya?
    3. Persyaratan-persyaratan yang harus saya penuhi apa saja pak?
    4. Yang menjadi bahan pertimbang oleh CPI untuk menyeleksi proposal saya itu apa?
    5. kemana proposal itu harus saya kirimkan dan nomor dan No telepon yang dapat saya hubungi itu siapa?

    Mohon bantuannya, atas jawaban nya saya ucapkan terima kasih.
    Jika tidak keberatan tolong dikirimkan via email ke email saya syamsudin.usia@yahoo.com
    Atas Jawabannya saya ucapkan banyak terimah kasih…???
    Wassalamu’alaikum

    Suka

    • wa’alaikum salam Mas Syamsudin Usia;

      Salam kenal juga, dan mohon maaf juga jika saya bukan orang yang bersangkutan langsung dengan Chevron, karena informasi tersebut sudah sangat lama sekali. Namun tidak ada salahnya untuk dicoba.

      1. Konfirmasi diterima atau tidak itu tergantung penilaian dari Proposal yang Mas Syamsudin ajukan. Waktunya (kira-kira) mesti ditanyakan langsung kepada CPI.

      2. Bentuk Isi proposal biasanya berkaitan dengan penelitian Mas Syamsudin atau apa saja yang mendukung untuk masukan perbaikan bagi CPI.

      3. Persyaratan, mesti dikonfirmasi lagi ke CPI

      4. Pertimbangan apa saja dari CPI, itu biasanya rahasia perusahaan.

      5. Bagian KP/TA
      HR-Training Service & Administration
      Kantor Training CenterPT Chevron Pacific Indonesia Rumbai, Pekanbaru 28271
      Setelah itu Phone ke (0761) 944743 di bagian Administrasi Chevron atau CSR.

      Suka

  7. saya mau bertamya. pengumuman diterima atau ditolaknya permohonan kp saya bagaimana yah? saya sudah mengirim berkas sejak bulan februari. saya bermaksud untuk kp pada bulan juni. terimakasih

    Suka

  8. Assalamu’alaikum Mas, selamat malam, saya Rara mau bertanya, saat ini saya semester 7, InsyaAllah semester depan (8) akan mengambil TA. Jadi harus apply dari sekarang ya Mas? Kira2 bulan Oktober ini saya sudah kirim … Untuk penerimaannya sendiri sulit atau gampang? Kalau IPK dibawah 3, untuk TA di CPI apakah masih ada peluang diterima? Kebetulan IPK saya masih 2,79

    Suka

  9. Asalamualaikum ..
    saya mahasiswa teknik metalurgi dan material…
    saya ingin kerja praktek tentang korosi di chevron .
    akan tetapi IPK saya kurang dari 2.75
    saya dari Institut teknologi dan sains bandung ( Kerjasama ITB )
    apakah mungkin diterima ya kak ?

    Suka

  10. kebetulan saya dari institut teknologi ilmu logam (ITIL) IPK saya saat ini 3.9. saya masih bingung mengenai cara mencari mentor pada saat KP di cevron… apakah itu di tentukan oleh CEVRON sendiri atau bagaimana? trims pak

    Suka

  11. Mas saya mau tanya, saya kan sudah mendapatkan surat penerimaan dari chevron pasific indonesia yang dikirim via email. Untuk keberangkatan daro jkt mekanisme seperti apa, adakan fasilitaa pesawat terbang dari perushaan terima kasih hermansyah

    Suka

      • mas saya mau tanya, apakah ada nomer atau kontak lain untuk menghubungi bagian HRD atau CPI chevron pasific yg diriau,, karena saat saya menghubungi nomer yang tertera diatas hanya terdapat kalimat “please try reolad again, your phone is not complete” ?terimakasih

        Suka

  12. aslkm.
    Mas Burhan perkenalkan nama saya Wahyu Ghani, 23thn mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.

    Saya ingin melakukan penelitian di PT Chevron Riau tentang safety talks. yang ingin saya tanyakan, apa boleh saya mengajukan izin penelitian ke PT Chevron Riau, sedangkan saya adalah mahaiswa pasca sarjana (S2)? mohon informasinya.

    Terima kasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s