Tugas Mid – Fundamentals Management


Berikut adalah tugas mid semester yang diberikan dan mahasiswa diwajibkan mengerjakan tugas ini secara individu dari tema-tema yang telah dibahas, yaitu :

1. Jelaskan apakah manajemen merupakan ilmu atau seni ?
2. Jelaskan fungsi manajemen ?
3. Kemampuan apakah yang harus dimiliki seorang manajer jelaskan
4. Jelaskan evolusi perkembangan ilmu manajemen
5. Jelaskan tahapan dalam perencanaan?
6. Jelaskan dasar dasar perencanaan yang baik?
7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan proses SWOT analysis
8. Jelaskan apa yang dimaksud dengan generic strategies ?
9. Jelaskan tahapan organizing .
10. Jelaskan jenis jenis struktur organisasi dan apa kelebihan serta kekurangannya.

Jawaban ditulis dengan menggunakan huruf Book Antiqua; ukuran kertas A4; 2 spasi. Hard copy disampaikan selambat-lambatnya tanggal 28 april 2011 dan soft copy dikirimkan melalui email.

Melewati tanggal tersebut, tidak diterima…

Iklan

15 pemikiran pada “Tugas Mid – Fundamentals Management

  1. satriyabisniss

    Gaji 500Rb/Hari Mau? Lowongan PT. ODAP
    1. Butuh 200 Karyawan, Untuk Semua Kalangan SMU, SMK, STM, S1 dll
    2. Kerja pada bagian Entry Data dengan System Online.
    3. Per Entry 10rb Bila Anda Sanggup Meng Entry 50 Data Sehari, Maka 10rbX50=Rp500Rb/Hari.
    Info Petunjuk Kerja Bisnis, Klik Web Kami Kirim Nama Lengkap & Email Anda di http://www.penasaran.net/?ref=cdizbb

    Suka

    1. Disebut manajemen sebagai suatu ilmu, sebab ia adalah pengetahuan yang telah dipelajari sejak lama, yang kemudian diorganisasikan menjadi suatu teori. Teori tidak akan pernah ada jika sebelumnya tidak pernah dipelajari atau dipraktekkan.

      Sedang manajemen sebagai suatu seni, karena di dalam mencapai suatu tujuan diperlukan kerja sama dengan orang lain termasuk didalamnya bagaimana cara memerintahkan pada orang lain agar mau bekerja sama, itulah seni.

      Jika ditanyakan apakah apakah manajemen merupakan ilmu atau seni?

      Maka dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen merupakan suatu ilmu pengetahuan dan seni. Hal ini dikarenakan didalamnya akan ada penjelasan tentang gejala-gejala manajemen, yang kemudian dapat diteliti dengan menggunakan metode ilmiah, dirumuskan dalam bentuk prinsip-prinsip, termasuk bagaimana cara penyelesaian masalahnya, apakah dengan menggunakan pendekatan rasional, logika, objektif atau dengan cara yang sistematis.

      Semuanya itu memerlukan pengetahuan dan keahlian teknis, diagnostik, dan kemampuan pengambilan keputusan guna menyelesaikan masalah tersebut. Bahkan keputusan yang dibuat atau masalah yang harus dipecahkan bisa jadi mempergunakan gabungan intuisi, pengalaman, insting atau pandangan pribadi yang mempunyai kemampuan konseptual, komunikasi, interpersonal dan manajemen waktu dalam menyelesaikan masalah tersebut, khususnya tugas-tugas yang bersifat manajerial, dan disitulah seninya.

      Suka

    1. Dalam proses pelaksanaan kegiatan manajemen di sebuah perusahaan, maka fungsi manajemen dititikberatkan pada:

      a) Perencanaan (planning),
      b) Pengorganisasian (organizing),
      c) Penyusunan, pengarahan, (directing) dan
      d) Pengawasan (controlling).

      Suka

    1. a) Keterampilan konseptual (conceptional skill)
      Manajer tingkat atas (top manager) harus memiliki keterampilan untuk membuat konsep, ide, dan gagasan demi kemajuan organisasi. Gagasan atau ide serta konsep tersebut kemudian haruslah dijabarkan menjadi suatu rencana kegiatan untuk mewujudkan gagasan atau konsepnya itu. Proses penjabaran ide menjadi suatu rencana kerja yang kongkret itu biasanya disebut sebagai proses perencanaan atau planning. Oleh karena itu, keterampilan konsepsional juga meruipakan keterampilan untuk membuat rencana kerja.

      b) Keterampilan berhubungan dengan orang lain (humanity skill)
      Selain kemampuan konsepsional, manajer juga perlu dilengkapi dengan keterampilan berkomunikasi atau keterampilan berhubungan dengan orang lain, yang disebut juga keterampilan kemanusiaan. Komunikasi yang persuasif harus selalu diciptakan oleh manajer terhadap bawahan yang dipimpinnya. Dengan komunikasi yang persuasif, bersahabat, dan kebapakan akan membuat karyawan merasa dihargai dan kemudian mereka akan bersikap terbuka kepada atasan. Keterampilan berkomunikasi diperlukan, baik pada tingkatan manajemen atas, menengah, maupun bawah.

      c) Keterampilan teknis (technical skill)
      Keterampilan ini pada umumnya merupakan bekal bagi manajer pada tingkat yang lebih rendah. Keterampilan teknis ini merupakan kemampuan untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu, misalnya menggunakan program komputer, memperbaiki mesin, membuat kursi, akuntansi dan lain-lain.

      d) Keterampilan manajemen waktu
      Merupakan keterampilan yang merujuk pada kemampuan seorang manajer untuk menggunakan waktu yang dimilikinya secara bijaksana, sebab waktu yang mereka miliki merupakan aset yang berharga, dan menyia-nyiakannya berarti membuang-buang biaya dan mengurangi produktivitas perusahaan.

      e) Keterampilan membuat keputusan
      Merupakan kemampuan untuk mendefinisikan masalah dan menentukan cara terbaik dalam memecahkannya. Kemampuan membuat keputusan adalah yang paling utama bagi seorang manajer, terutama bagi kelompok manajer atas (top manager).

      Suka

    1.  Manajemen Klasik (The Classical Approaches), yang dikenal sebagai aliran manajemen ilmiah (scientific management) bersama dengan teori-teori organisasi klasik, prinsip-prinsip administratif (administrative principles) serta organisasi birokrasi (bureaucratic organization); yang semuanya meruapakan pendekatan pada studi manajemen dengan prinsip-prinsip universal untuk berbagai situasi manajemen.

       Menuju Sumber Daya Manusia (The Human Resources Approaches), yang dikenal juga sebagai aliran perilaku, yaitu pendekatan pada studi manajemen tentang kebutuhan manusia, kerja kelompok serta peranan faktor-faktor sosial di tempat kerja.

       Pendekatan Kuantitatif atau pendekatan Ilmu Manajemen. (The Quantitative or Management Science Approaches) yaitu pendekatan pada studi manajemen dengan menggunakan teknik-teknik matematis dalam memecahkan masalah.

       Zaman Modern (Modern Approaches), yaitu pendekatan pada studi manajemen dengan pandangan sistem dan pemikiran kontingensi berdasarkan komitmen terhadap mutu dan kinerja yang tinggi.

      Suka

    1. Perencanaan (planning) adalah pemilihan atau penetapan tujuan organisasi dan penentuan strategi, kebijaksanaan, proyeksi, program, prosedur, metode, sistem, anggaran dan standar yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.

      Pembuatan keputusan banyak terlibat dalam fungsi ini, terutama dalam memberikan kejelasan arah bagi setiap kegiatan, sehingga setiap kegiatan dapat diusahakan dan dilaksanakan seefisien dan seefektif mungkin.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s