Terakhir saya mempunyai SIM A & C adalah 16 Maret 2006, dan sejak saat itu belum ada kesempatan lagi untuk memperbaharuinya, meskipun pernah mencobanya di SAMSAT Pasuruan namun sudah tidak bisa lagi karena kependudukan saya sudah pindah dari Pasuruan ke Jakarta. Dan alhamdulillah, kemarin Sabtu (5/2) Allah memberikan cukup waktu untuk mengurus driving license A & C sekaligus di DITLANTAS Polda Metro Jakarta Raya, tempatnya di jalan Daan Mogot Jakarta Barat.

Hari sabtu adalah hari yang tepat bagi siapa saja yang biasanya bekerja di hari Senin – Jum’at sehingga saat datang di sana jam 9 pagi penuhnya minta ampun. Ini pertama kalinya saya datang ke sana dan tempatnya cukup luas, bersih dan tidak semrawut. Disana para calo menawarkan harga sekitar 530rb untuk SIM A dan 500rb untuk SIM C. Saran saya jangan menggunakan calo jika dihari Sabtu, sama saja dan tidak ada bedanya! Banyak pemohon disebelah saya yang mengeluhkan harga tinggi dari calo dengan harapan cepat namun tetap saja kita semua harus ngantri.

Mengurus sendiri adalah lebih mudah, dan langsung saja tanyakan kepada petugas yang menggunakan seragam dan mulailah bertanya dimana tempat – tempatnya. Berikut rincian biaya yang harus disiapkan ketika melakukan pengurusan SIM A & C baru :

  1. Foto copy dulu KTP 4 lembar sampai 8 lembar untuk berjaga-jaga, dan kalau berangkat dari rumah jangan lupa bawa pensil 2B sama pena tinta. Biaya fotocopy di sana 500,- per lembar sedangkan kalau beli pensil dan pena (1 set) sekitar 5000,-
  2. Untuk kesehatan siapkan biaya Rp. 20.000,-
  3. Setelah itu saya diminta untuk bayar SIM A di bank BRI sejumlah Rp. 120.000,- dan SIM C Rp. 100.000,-
  4. Kemudian saya diminta untuk mengurus asuransi, dan di kenakan biaya sebesar Rp. 30.000,-
  5. Selanjutnya menuju loket pendaftaran dan dikenakan biaya lagi sebesar Rp. 50.000,-
  6. Tempelkan copy KTP di Lembar Kesehatan (Merah)
  7. Lipat jadi dua Bukti Pembayaran SIM A dan tempel terbalik di sudut kanan belakang, dan copy bukti Pembayaran SIM A tempelkan (pake staples) di Formulir Depan. Tulis Formulir dengan huruf Kapital, dan perhatikan Nama anda, alamat dan tinggi badan.
  8. Kemudian ikutilah Ujian Teori – waktu cuman 15 menit sedangkan kalau dua sim waktunya ditambah lagi 12 menit.

    Lembar Hijau - Form Ujian Teori
  9. Setelah mendapat hasil ujian teori (biasanya dipanggil lewat loud speaker), kita pergi ke tempat Ujian Praktek. Nikmati saja, petugasnya ramah-ramah koq, meskipun wajahnya suka nilang, hehehe…

    Hasil Ujian Praktek Sim A & C
  10. Setelah itu pergi ke loket pengurusan SIM Baru dan tunggu, disini mereka sedang input data.

    Hasil Ujian Teori Mendapatkan SIM A & C
  11. Jika sudah di panggil pergi ke loket 37 untuk verifikasi data.
  12. Balik lagi ke loket 9 untuk input data lagi
  13. Setelah dipanggil silahkan pergi ke tempat photo dan sidik jari (pilih saja sendiri mana ruangan yang kosong atau tidak terlalu sibuk)
  14. Kalau ada data yang salah, biasanya diminta ke Loket 4 untuk perubahan, namun jika benar semua ya sudah tinggal menunggu di loket 30 untuk dipanggil mengambil SIM-nya.
  15. Setelah mendapat SIM-nya silahkan pergi keluar dan ambil Polis Asuransinya.

 

Yes! Sudah Dapat!

Waktu perkiraan mulai daftar jam 9 lebih dan selesai sekitar pukul 2 siang atau selama 5 jam dan jangan dibuat susah karena disana banyak teman sebangku dengan cerita-cerita mereka atau pengalaman-pengalaman mereka. Mesti maklum kalau ngurus di hari Sabtu, apalagi tanggal muda, tumplek bleg bahasa jawanya, termasuk yang daftar kolektif dari sekolah sekolah mengemudi diseluruh Jakarta.

Selamat mencoba!