Ini adalah kapal yang dibeli dari hasil sebuah proposal pengajuan Kredit Investasi  yang saya susun dengan jangka pengembalian selama dua tahun dari Bank. Kapal ini akan digunakan untuk menunjang kegiatan pelayaran niaga dalam negeri dengan sistem sewa (tramper). Namun sebelum digunakan kapal ini diperbaiki terlebih dahulu seperti overhauling main engine, pemasangan kursi yang lebih rapi, perbaikan sistem navigasi, dan perbaikan diding kapal agar tampak lebih rapi.

Dan alhamdulillah pada tanggal 15 Januari kemarin Crew Boat Samugara sudah dapat diuji coba di luar pelabuhan Tanjung Priok namun kecepatan (free running speed) masih belum maksimal. Acara tasyakuran dan potong tumpeng juga dilakukan diatas kapal diluar pelabuhan Tanjung Priok meskipun cuaca agak kurang bersahabat karena ombak cukup membuat yang tidak biasa naik kapal menjadi mabuk laut.

Pembelian kapal dari luar negeri seperti ini termasuk dalam kategori Barang Kena Pajak Tertentu yang tata niaganya diatur oleh pemerintah seperti Keputusan Menteri Keuangan No. 370/KMK .03/2003 tentang pembebasan PPN untuk Barang Kena Pajak Tertentu yang dilakukan dan digunakan oleh Perusahaan Pelayaran Niaga Nasional dan Peraturan Menteri Perindustrian dan Perdagangan tentang Impor Barang Bukan Baru (lihat Peraturan Menteri Perdagangan No.58/M-DAG/PER/12/2010, tanggal 29 Desember 2010 tentang Ketentuan Impor Barang Modal Bukan Baru)

Bagi yang ingin tahu tata-cara impor kapal silahkan download disini dan jika ingin bantuan secara professional, silahkan dapat menghubungi saya, ciee…