Assalamu’alikum Warahamtullahi Wabarakatuh, hari ini mari kita merenungkan sejenak beberapa hal baik sebelum kita mulai berbagai hal yang biasa terjadi dalam hidup kita…

01]. Hari ini sebelum kita mengatakan kata-kata yang tidak baik, mari kita fikirkan tentang seseorang yang tidak dapat berbicara sama sekali alias bisu.

02]. Sebelum kita mengeluh tentang rasa dari makanan yang kita santap, coba kita fikirkan tentang seseorang yang tidak punya apapun untuk dimakan sehari ini.

03]. Sebelum kita mengeluh karena tidak punya apa-ap, adalah bijaksana jika kita fikirkan tentang seseorang yang harus meminta-minta di jalanan dan perempatan.

04]. Sebelum kita menyesali diri bahwa hidup kita ini buruk, mari kita fikirkan tentang seseorang yang berada pada tingkat yang terburuk di dalam hidupnya.

05]. Sebelum kita complaint tentang suami atau istri kita, sudahkah kita fikirkan tentang seseorang yang memohon kepada Allah SWT untuk diberikan teman hidup….?

06]. Hari ini sebelum kita mengeluh tentang hidup kita, coba fikirkan tentang seseorang yang meninggal terlalu cepat.

07]. Sebelum kita mengeluh tentang anak-anak kita, fikirkan tentang seseorang yang sangat ingin mempunyai anak tetapi dirinya mandul atau belum dikaruniai seorang anak.

08]. Sebelum kita mengeluh tentang rumah kita yang kotor karena pembantu tidak mengerjakan tugasnya, pernahkah kita berfikirkan tentang orang-orang yang tinggal dijalanan, dan hanya langit sebagai atapnya?

09]. Sebelum kita mengeluh tentang jauhnya kita harus bekerja, bijaksanalah saat kita fikirkan bagaimana seseorang yang menempuh jarak yang sama dengan berjalan…

10]. Dan di saat kita lelah dan mengeluh tentang pekerjaan kita, fikirkan tentang pengangguran,orang-orang cacat yang berharap mereka mempunyai pekerjaan seperti kita yang sungguh sudah tercapai.

11]. Dan sebelum kita menunjukkan jari dan menyalahkan orang lain, ingatlah bahwa tidak ada seorangpun yang tidak berdosa…

12]. Kita semua harus menjawab kepada Sang Pencipta – Allah Tuhan Yang Maha Besar, saat ketika kita sedang bersedih dan hidup kita dalam kesusahan, tersenyum dan berterima kasihlah kepada Allah karena Allah SWT masih kita hidup dan umur yang panjang hingga saat ini kita masih dapat berada disini!

Sungguh Segala Puji Bagi Allah Tuhan Semesta Alam!