Ilmu merupakan penghibur tatkala sendirian, teman setia dalam kesunyian, dan merupakan petunjuk dalam keadaan suka maupun duka. Ilmu akan menjadi pembantu diantara orang-orang yang kita kasihi. Ilmu akan menjadi teman kita diantara sahabat-sahabat kita.

Tak Peduli Tempatnya, Tetaplah Menjadi Mulia!Tak Peduli Tempatnya, Tetaplah Menjadi Mulia!

Ilmu merupkan mercu-suar jalan menuju surga. Allah telah meninggikan derajat banyak kaum melalui ilmu! Allah menjadikan mereka banyak kebaikan, menjadikan mereka pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk. Allah menjadikan mereka sebagai teladan bagi mereka yang memberi petunjuk dalam kebaikan. Dijadikannya mereka oleh Allah menjadi kaum yang jejaknya diikuti dan amal perbuatan mereka menjadi pusat perhatian. Bahkan para malaikat ingin menghiasi dan mengusap mereka dengan sayap-sayapnya.

“Tuntutlah ilmu setinggi-tingginya, karena sesungguhnya menuntut ilmu karena Allah merupakan suatu kebaikan dan mencarinya merupakan suatu ibadah. Mempelajarinya adalah suatu tasbih, dan menelitinya merupakan suatu Jihad. Mengajarkanya adalah suatu sedekah dan memberikan kepada ahlinya merupakan amal taqarrub.”

Segala yang kering dan basah bertasbih mendo’akan mereka. Bahkan sampai ikan-ikan yang ada di laut dan binatang melata lainya ikut bertasbih mendo’akan orang-orang yang berilmu. Begitu juga semua hewan buas didaratan dan hewan ternak lainya. Langitpun juga berseru dengan bintang-bintangnya. Karena ilmu adalah kehidupan hati dari kesesatan. Ilmu merupakan cahaya penglihatan dari kegelapan serta merupakan kekuatan bagi tubuh dari kelemahan.

يَرۡفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ مِنكُمۡ وَٱلَّذِينَ أُوتُواْ ٱلۡعِلۡمَ دَرَجَـٰتٍ۬‌ۚ

“…Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat” (QS:58 – Al Mujadilah : 11)

Dengan Ilmu, seorang hamba Allah dapat mencapai kedudukan kaum “abraar”, serta mendapat derajat yang tinggi. Mencurahkan pikiran untuk ilmu sebanding dengan puasa dan mempelajarinya seimbang dengan qiyam (sholat).

Berkat ilmu… Allah akan dita’ati, disembah dan diesakan. Dengan Ilmu, seseorang akan memelihara kesucian dirinya dan berkat ilmu pula silaturrahmi akan selalu dihubungkan. Ilmu adalah pemimpin dan amal merupakan pengikutnya. Yang diberi ilham ilmu hanyalah orang-orang yang bahagia dan yang diharamkan darinya hanyalah orang-orang-orang yang celaka.

http://www.facebook.com/note.php?note_id=64823190865