Mempunyai kendaraan roda empat sendiri alias mobil itu bisa jadi dambaan banyak orang, termasuk diri saya yang sudah merasa perlu jika ada mobil sendiri. Bukan mobil kantor atau fasilitas dari kantor, karena ini mobil pribadi buat kepentingan sendiri dan keluarga. Salah satu keperluanya adalah untuk mengantar anak pergi ke sekolah dan sekaligus pergi kerja. Dengan adanya mobil tersebut, diharapkan berangkat ke sekolah lebih pagi dan tidak menghirup udara kotor lagi jika dibandingkan dengan naik sepeda motor. Belum lagi harus mepet-mepet waktunya sehingga harus memacu sedikit kecepatan agar sampai ke sekolah tepat waktu.

Saya termasuk orang yang tidak punya tabungan untuk pembelian barang mewah tersebut, hanya dengan Bismillah dan planing kerja, Insya Allah mobil tersebut bisa didapatkan. Apalagi masih mengkontrak dan KTP pun tidak bisa sama dengan alamat tempat tinggal sekarang. Tabungan tidak pernah ada uang yang lebih besar dari pada 10 juta per bulan.

Pertanyaanya apakah itu bisa? Saya hanya pasrahkan kepada Allah, dan kita tetap berusaha untuk mencari mana mobil yang paling murah tapi bagus, atau  mana dealer yang menjual mobil tersebut namun sangat mudah bekerjasama. Niat kita adalah tulus, bukan untuk merusak atau “ngemplang” dealer tersebut. Percuma jika niat kita tidak baik, tidak berkah dan penuh dengan masalah.

Kali ini mudah mudahan pilihan Daihatsu Xenia VVT-i 1.3 Xi DLX Sporty M/T adalah yang paling cocok, selain harga tidak terlalu mahal, cukup untuk 1 orang istri, 3 orang anak, dan mungkin tentenya ikut juga. Sehingga kemana-mana bisa menempuh jarak lebih jauh lagi. Yang penting silaturrahmi, dan bukan menghabiskan BBM dijalanan. Tahu sendiri saat ini Pertamax harga perliter sudah sampai 7.500,-

Pertamax merupakan pilihan, karena jika diberikan kelebihan seperti ini, maka adalah “baik” saat kita tidak mengambil jatah saudara kita yang kurang mampu. Lambat laun juga BBM tidak akan disubsidi lagi. Memang berat dengan pilihan ini, tapi dengan ini diharapkan ada pikiran betapa mahalnya energi itu, sudah selayaknya kita bijaksana dalam memanfaatkan energi tersebut dan adalah baik jika kita juga menjaga kualitas udara dengan memberinya mesin mobil kita bahan bakar ber-oktan tinggi sehingga proses pembakarannya lebih sempurna, dan bebas timbal.

Karena mobil tersebut adalah mobil keluarga, diantara assessories yang sudah ada, insya Allah jika ada rizki akan ditambahkan beberapa asesories idaman seperti:

a) Mounted Roof TFT LCD Monitor

  • 12.1″Roof-mount DVD Player with TFT LCD Monitor
  • 12.1 Inches Wide View Angle 16:9 Display Mode
  • 1 way audio / video input
  • 1 channel audio / video output
  • 1 Rd VGA Input
  • High resolution 800*RGB*600
  • Swivel right/left
  • Built-in IR Transmitter
  • TV Function/DVD/SD/USB/VGA
  • Built-in speaker
  • Contrast, color, brightness, volume, adjustable
  • Remote control, OSD menu
  • TV system(optional): NTSC/PAL/AUTO
  • Power Supply DC 12V

b) Laptop/i-Pad Stand Set On Car

Dibuat dari pipa alumunium, dan bersifat collapsible dengan kunci kunci yang bisa dirubah untuk memudahkan kita menggunakan laptob didalam mobil. Yang jelas menggunakan laptop di mobil bukan saat sedang mengemudikan kendaraan, namun bisa digunakan saat terkena macet, atau sedang menunggu sehingga pekerjaan di kantor bisa dikerjakan di tengah jalan.

Akses Internet saat ini sudah sangat mudah, dan laptop sekarang sudah compatible dengan mini portable modem yang bisa dipasang di laptop agar dapat terhubung dengan internet saat berkendara ataupun saat berhenti sementara.