Kemarin adalah hari pertama Ujian Akhir Semster di Universitas Borobudur, dan ini baru buat saya setelah hampir 18 tahun terakhir sekolah. Meski tidak terlalu ribet, kali ini ujian adalah ujian apa yang telah diserap selama belajar lagi disana, sebab kalau dirumah apalagi harus bekerja sudah tidak mungkin untuk mengambil banyak waktu untuk belajar teori atau mengerjakan latihan-latihan. Apapun itu sudah harus dihadapi dengan konsekwensi tinggi dalam mendapatkan nilai A atau C (tidak lulus, catatan saya).

Mekanika Teknik yang pertama harus dihadapi dengan dua soal yang simple dengan masing masing 3 pertanyaan, namun 3 pertanyaan tersebut harus menjawab mulai dari tikik A sampai titik F/G. Ujian kedia adalah menggambar teknik yang harus dikerjakan secara manual. Gampang – gampang susah, namun waktu berjalan dengan sangat cepat! Apapun itu ujian pertama sudah lewat, dan semoga penyelesaian tugas-tugas sebelumnya dapat membantu menambah nilai dari Ujian Akhir ini yang terbatas sekali waktunya.

Untuk selanjutnya, berikut adalah kisi – kisi materi ujian yang tidak terlalu susah untuk dijawab, karena diberikan sebelum ujian supaya ada persiapan.