Halo Matahari

Siang tadi (4 Jan 2011) orang orang heboh dengan adanya halo matahari yang terjadi di Yogyakata. Halo atau disebut juga dengan nimbus, icebow, atau gloriole, yaitu fenomena optikal berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari dan bulan, dan kadang-kadang pada sumber cahaya lain seperti lampu penerangan jalan.

Sebenarnya ada berbagai macam halo, tapi umumnya halo muncul disebabkan oleh kristal es pada awan cirrus yang dingin yang berada 5–10 km diatas troposfer. Bentuk dan lokasi kristal es menentukan tipe halo apa yang akan terlihat. Cahaya yang dipantulkan pada kristal es dapat terpecah menjadi lebih dari satu warna, sama seperi pada pelangi.

Halo juga kadang-kadang dapat muncul di dekat permukaan bumi, ketika ada kristal es yang disebut debu berlian. Kejadian ini dapat terjadi pada cuaca yang sangat dingin, ketika kristal es terbentuk di dekat permukaan dan memantulkan cahaya.

Halo Buatan

Sekarang kita akan membuat Halo dengan photoshop sebagaimana contoh gambar disamping ini. Yang disiapkan adalah kita jalankan Adobe Photoshop CS3, dan kita buat bidang kerja baru kosong dengan ukuran 800 x 600 pixel dengan cara cara sebagai berikut:

  1. Klik menu File -> New.
  2. Pilih Warna CMYK Cyan
  3. Klik Filter -> Render -> Clouds
  4. Klik Tool dan pilih Gradient Tools
  5. Pilih Warna Pure Cyan Blue
  6. Drag dari atas ke bawah
  7. Klik Filter -> Render – Lens Flare
  8. Posisikan dimana mau diletakkan Mataharinya di Flare Center-nya
  9. Pilih lens Type dan klik 50-300mm Zoom
  10. Atur brightnessnya 135%
disebut juga nimbus, icebow, atau Gloriole) adalah fenomena optikal berupa lingkaran cahaya di sekitar Matahari dan Bulan, dan kadang-kadang pada sumber cahaya lain seperti lampu penerangan jalan. Ada berbagai macam halo, tapi umumnya halo muncul disebabkan oleh kristal es pada awan cirrus yang dingin yang berada 5–10 km diatas troposfer. Bentuk dan lokasi kristal es menentukan tipe halo apa yang akan terlihat. Cahaya yang dipantulkan pada kristal es dapat terpecah menjadi lebih dari satu warna, sama seperi pada pelangi.Halo juga kadang-kadang dapat muncul di dekat permukaan bumi, ketika ada kristal es yang disebut debu berlian. Kejadian ini dapat terjadi pada cuaca yang sangat dingin, ketika kristal es terbentuk di dekat permukaan dan memantulkan cahaya.