Kali ini tugas buat anak-anak Teknik Industri Semester I Universitas Borobudur adalah menyusun makalah tentang Pelaksanaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945. Judulnya bebas, yang penting sesuai dengan tema atau topik yang diminta sama Dosen.

Bahasannya sangat luas; pake mesin pencari seperti Google, atau Yahoo kita mudah menemukanya, bahkan contoh makalahnya ada yang sudah siap di dunia maya. Pertanyaanya, apakah semudah itu kita menyelesaikan tugas kuliah? Bisa saja itu adalah menghemat waktu kita, toh bahasannya juga itu-itu saja.Usaha adalah hak setiap manusia, dan dari hasil usaha tersebut manusia akan mendapatkan sesuatu yang diharapkan bermanfaat untuk saat ini atau saat yang akan datang. Jika kita ambil materi orang atau download makalah yang sudah pernah dibuat di dunia maya kemudian kita kumpulkan sebagai penyelesaian tugas, lantas pelajaran apa yang kita ambil?

Jika persoalannya, “kita memang sudah download, kemudian kita baca dengan seksama, dan saya mengerti isi dari makalah tersebut, atau sama seperti yang ada dalam pikiran kita” maka bisa jadi ini dimaklumi. Mengapa? Karena apa yang dipublikasikan artinya untuk berbagi atau dibagi dengan yang lain. Tujuanya biar yang lain tahu.

Sebagai insan yang bijaksana dan menghargai orang lain, maka adalah baik ketika kita mencantumkan sumber datanya, nara sumbernya atau referensinya. Karena bagaimanapun juga kita bisa karena hasil usaha orang lain juga.

Kembali kepada Tugas Kuliah, akhirnya sudah diputuskan bahwa bahasanya makalahnya nanti adalah:

  1. Naskah UUD 1945
  2. Sejarah UUD 1945
  3. Pereode Pelaksanaan UUD 1945
  4. Substasi UUD 1945 sebagai Cita Cita Luhur Bangsa Indonesia
  5. Pelaksanaan Setelah Amandemen UUD 45 yang dibagi menjadi dua bagian, yaitu:
  6. Pelaksanaan Terhadap Sistem Pemerintahan Negara sebagai Motor Penggerak Pembangunan Untuk Kesejahteraan dan Kemakmuran Bangsa.
  7. Pelaksaanan Kebijakan Pemerintah Guna Mewujudkan Cita Cita Luhur tersebut
  8. Kesimpulan & Saran

Semoga makalah ini bisa selesai ontime sesuai yang diharapkan, selain waktu yang sibuk untuk bekerja.

Posted with WordPress for BlackBerry.

About these ads