Sebelum membuat website ada beberapa point yang harus kita ketahui sebelum kita memulainya.

  1. Apa tujuan kita membuat website? Jawaban pertanyaan tersebut akan mengarahkan pikiran kita untuk menentukan dan menjawab pertanyaan selanjutnya.
  2. Website seperti apa yang akan kita buat untuk mencapai tujuan tersebut diatas?
  3. Dan yang terakhir, bagaimana cara membuat websitenya?

Dengan mengajukan pertanyaan tersebut diatas, diharapkan nantinya website yang kita buat sesuai dengan apa yang kita inginkan dan bisa membawa kita mencapai tujuan yang kita inginkan.Website itu bermacam-macam, ada yang hanya satu halaman sederhana saja seperti webiste iklan ‘mesin pencari uang’, ada yang memuat beberapa halaman seperti website perusahaan, ada yang menggunakan sistem blog seperti blogspot atao wordpress seperti ini, ada yang menggunakan sistem CMS (Content Management System) seperti joomla, endonesia, ada yang berupa forum diskusi dengan menggunakan forumbb, ada yang berupa website iklan baris, ada yang berupa website toko online dan ada yang lebih kompleks lagi seperti website komunitas facebook.

Jika kita ingin menjual berbagai macam produk, kita dapat membuat website toko online; atau kalau kita hanya ingin menjual satu jenis produk saja bisa dengan satu halaman sederhana saja atau lengkap dengan menggunakan sistem pemesanannya; jika kita ingin membuat website portal kita bisa bisa menggunakan Joomla; bila kita ingin membangun branding dan mempublikasikan artikel bisa menggunakan blog; dan lain-lainnya.

Persiapan Membuat Website

Untuk membuat website ada 3 bagian utama yang perlu harus diketahui yaitu: domain, hosting dan software yang berhubungan dengan keperluan untuk membuat website tersebut.

1. Domain

Domain adalah nama atau alamat dari sebuah website. Di Internet, setiap orang harus mengetikkan sebuah nama domain untuk bisa membuka dan membaca isi dari sebuah website. Dalam hal ini, peranan pemilihan nama domain cukup penting untuk membedakan website kita dengan website orang lain.

Domain ini terdiri dari nama domain dan extension. Contoh http://www.nusawebhosting.com atau http://www.wordpress.com adalah nama domain dan .com adalah extensionnya. Extension biasanya mewakili untuk kategori tertentu seperti .com untuk keperlukan komersial, .net untuk keperluan jaringan, .org untuk keperluan website nonkomersial, dan lain-lainnya. Extension bermacam-macam, bisa berupa TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, .org atau ada juga yang berupa cTLD (country Top Level Domain) seperti .co.id, .co.cc dimana id mewakili domain negera Indonesia.

Untuk memilih nama domain bisa menggunakan website yang menyediakan jasa registrasi nama domain atau dengan menggunakan software domain tools untuk membantu memilih nama domain untuk website yang akan dibuat. Bila mengunakan website yang menyediakan jasa registrasi nama domain, contohnya http://www.nusawebhosting.co.cc, kita tinggal masukkan nama domain yang kita sukai untuk mengecek apakah masih tersedia atau tidak .

Silahkan buka http://www.nusawebhosting.co.cc dan masukkan nama doman dan extension yang kita pilih.Bila masih tersedia, kita bisa melakukan registrasi nama domain tersebut.

Usahakan untuk memilih nama domain dengan extension .com karena lebih umum dan lebih banyak dikenal orang. Registrasi domain ini akan dilakukan pertahun, setahun sekali kita harus membayar biaya registrasi domain tersebut bila kita ingin tetap memiliki dan menggunakannya. Dan bila kita tidak melakukan perpanjangan registrasi untuk tahun berikutnya, maka setelah domain kita expired, domain tersebut akan terbuka kembali untuk umum sehingga orang lain bisa mendaftarkan dan menggunakannya.

Bila kita tidak memiliki bayangan untuk nama domain, kita bisa menggunakan domain tools untuk membantu memberikan saran nama domain yang bisa kita gunakan. Silahkan buka http://domaintools.com dan pilih Tabs “Suggestions”. Kemudian masukkan kata-kata yang akan kita gunakan dalam nama domain tersebut. Kita juga bisa memasukan lebih dari satu kata dan dipisahkan dengan tanda (,).

Dan dari domaintools.com ini, Anda bisa menggunakan fasilitas lainnya seputar domain.

Tips dalam memilih nama domain antara lain:

  1. Pilih nama domain yang simpel dan mudah diingat
  2. Pilih nama domain yang sesuai dengan mewakili isi dan tujuan dari website yang akan kita buat, untuk mempermudah orang mengingat nama domain atau alamat website kita sendiri nantinya.
  3. Bila kita menggunakan nama domain yang panjang, usahakan menggunakan nama domain yang berisi kata-kata yang umum, sehingga menghidari untuk kesalahan dalam menuliskan nama domain.
  4. Kita juga bisa menggunakan tanda (-) bila mau.
  5. Usahakan pilih domain .com
  6. Kita bisa mengikut sertakan keyword dalam nama domain yang kita buat untuk membantu proses SEO (search engine optimization), agar website kita bisa tampil di search engine dengan posisi lebih atas.

Pada langkah ini, Kita sudah mendapatkan nama domain untuk website kita sendiri.