Beranda » Materi Kuliah » Manajemen Proyek » Aplikasi Manajemen Proyek

Aplikasi Manajemen Proyek

about.me

Alvin Burhani

Alvin Burhani

It's about Muhammad Burhanuddin

Nama saya Muhammad Burhanuddin. Beberapa orang memanggil saya dengan nama Burhan atau Alvin. Saya dilahirkan di desa Padang Bandung kecamatan Dukun kabupaten Gresik. Ayah saya kelahiran Lumajang, Jawa Timur dan Ibu saya berasal dari desa Padang Bandung kabupaten Gresik.

Saya menghabiskan masa kecil saya banyak di kota santri, Pasuruan, Jawa Timur. Masa remaja saya banyak berpindah-pindah mulai dari Pulau Bali, hingga pernah singgah di negeri jiran Malaysia. Setelah berkeluarga saya tinggal di Jawa Tengah dan sebelum akhirnya saya di Jakarta bersama keluarga.

Tidak ada yang spesial dalam diri saya, tidak ada...


Aplikasi Manajemen Proyek jangan disalah-artikan hanya cocok bagi mereka yang menangani manajemen proyek pembangunan gedung, pembangunan jembatan, dan pembangunan fisik sejenisnya. Kenyataannya, semua bidang pekerjaan yang memerlkukan perencanaan, penjadwalan, pemantauan dan analisa antara budget dan realita lapangan memerlukan aplikasi seperti ini.

Diantaranya ada paket program manajemen scheduling (pengolahan pembuatan jadwal) yang sebenarnya sudah cukup lama dikenal di kalangan mereka yang bergerak di bidang proyek. Namun, program jenis ini tidak sepopuler paket program spreadsheet (Excel, atau OpenOffice-Calc) dan database (MS-Access, Base), apalagi program-program pengolahan kata yang pemakainnya meluas secara umum seperti Ms-Words dan OpenOffice.

Dalam makalah ini, contoh aplikasi (studi kasus) aplikasi manajemen proyek menggunakan Microsoft Project 2003. Program ini merupakan program scheduling yang terbaik yang beroperasi dibawah system Windows dan lebih mudah karena saling terkait dengan program buatan Microsoft dalam paket Microsoft Office.

Microsoft Project

Microsoft Project sepintas merupakan gabungan antara spreadsheet grafik dan database. Banyak istilah-istilah pada ketiga program tersebut yang akan ditemukan dalam program ini, demikian juga cirri-ciri pengoperasiannya. Semua mahasiswa Teknik Industri haruslah menguasai program ini atau paling tidak mengerti dan familiar dengan program ini.

Dalam makalah ini, akan diberikan contoh-contoh penggunakan Microsoft Project mulai dari menyusun daftar pekerjaan (task list), memasukkan durasi, menentukan predecessor, membuat Gantt Chart, menyusun Sumber Daya, serta memasukkan biaya.

Aplikasi ManPro under Web Base

Aplikasi ManPro under Web Base

Modul - Modul dalam Aplikasi Software Manajemen Proyek

Modul – Modul dalam Aplikasi Software Manajemen Proyek

007 - Assignement

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 106 pengikut lainnya.

