Beranda » Materi Kuliah » Simulasi & Pemodelan » Latihan Simulasi Promodel

Latihan Simulasi Promodel

about.me

Alvin Burhani

Alvin Burhani

It's about Muhammad Burhanuddin

Nama saya Muhammad Burhanuddin. Beberapa orang memanggil saya dengan nama Burhan atau Alvin. Saya dilahirkan di desa Padang Bandung kecamatan Dukun kabupaten Gresik. Ayah saya kelahiran Lumajang, Jawa Timur dan Ibu saya berasal dari desa Padang Bandung kabupaten Gresik.

Saya menghabiskan masa kecil saya banyak di kota santri, Pasuruan, Jawa Timur. Masa remaja saya banyak berpindah-pindah mulai dari Pulau Bali, hingga pernah singgah di negeri jiran Malaysia. Setelah berkeluarga saya tinggal di Jawa Tengah dan sebelum akhirnya saya di Jakarta bersama keluarga.

Tidak ada yang spesial dalam diri saya, tidak ada...


Sebuah perusahaan pengepakan bernama Shipping Box Ltd., melakukan pekerjaan pengepakan monitor dengan data-data sebagai berikut. Setiap 5 menit monitor yang akan dibungkus berjalan di konveyor monitor menuju Packing Table. Selain monitor ada juga konveyor yang mengantar packing box kosong setiap 4 menitnya. Di Packing Table, monitor dimasukkan kedalam packing box yang terdistribusi normal 5 menit dengan standar deviasinya 1 menit. Setelah itu Packing Monitor tersebut berjalan di atas konveyor menuju tempat pemerikasan. QA/QC memeriksa dan memberikan label Pass QC dengan distribusi normal 4 menit, standar deviasi 2 menit. Setelah pass, packing monitor tersebut berjalan diatas konveyor menuju tempat loading dock untuk di muat diatas truck. Waktu tunggu di loading dock terdistribusi uniform 5 menit dengan half range-nya 1 menit. Buatlah Simulasi Sistem tersebut untuk 100 jam.

Simulasi Shippingbox

Penyelesaian:

1) Buatlah Lokasinya terlebih dulu seperti gambar diatas dan setting seperti dibawah ini:

Set Locations

2) Buatlah Entitasnya seperti gambar dibawah ini:

Set Entity

3) Buatlah Arrival-nya seperti dibawah ini:

Set Arrival

4) Buatlah Prosesnya seperti dibawah ini:

Proses 1

Proses 2

Proses 3

Proses 4

Proses 5

Proses 6

Proses 7

5) Set Running Hoursnya seperti dibawah ini:

Simulation Option

6) Selesai (Run Simulation)

Run Simulation

3 Komentar

  1. chie_destri@yahoo.com mengatakan:

    terima kasih..sangat membantu.

  2. Boby mengatakan:

    Tolong jelaskan WAIT U (5,1) dalam tahap proses. dan apakah bapak memiliki contoh simulasi dalam hal antrian untuk pelayana teller/ loket (dengan 3 teller atau lebih) trimaksaih.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 106 pengikut lainnya.

